UNP akan bangun jaringan internet di Nagari Harau

 





Padang (INDOMEN) - Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP) pada program pengabdian 2021 disamping tetap membina daerah-daerah juga akan fokus pada pembangunan jaringan internet di Nagari Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.


"Tim pengabdi sudah melakukan pelatihan dan pendampingan pada pengelola destinasi Aia Malanca Jorong Landai, Nagari Harau, cuma kelemahannya belum ada jaringan internet dan tahun depan kami akan mengusahakan adanya jaringan internet di daerah tersebut," kata Wakil Dekan I FPP UNP Dr. Yuliana, M.Si di Padang, Rabu.

Ia mengatakan bahwa kegiatan pendampingan di Nagari Harau tersebut diketuai Dekan FPP Dra. Ernawati, M.Pd, Ph.D yang saat ini tengah gencar melakukan negosiasi dengan bupati di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Dekan FPP sedang melakukan negosiasi bolak balik ke sana serta dengan bupati terpilih sudah kami datangi serta dukungan masyarakat, dulu janji supaya bisa bangun tower untuk masyarakat supaya bisa mendapat jaringan, jadi ini fokus utama dikegiatan kami selain yang sudah ada," kata dia.

Ia mengatakan sebelumnya, di Nagari Harau sudah pernah mendapat bantuan dari Kementerian Desa PDTT seperti adanya homestay dan dari pihak UNP sendiri sudah membangun kantin Harau.

"Pembangunan kantin Harau ini berlangsung secara bertahap selama tiga tahun dan alhamdulillah masyarakat sudah mulai berjualan di kantin itu," kata dia.

Ia mengatakan bahwa lamanya pembangunan kantin karena biaya pengabdian UNP tidak bisa sekaligus digunakan untuk pembangunan saja sebab sebagian harus digunakan untuk pengembangan SDM seperti pelatihan dan kegiatan lainnya.

Selain memfokuskan untuk penyediaan jaringan internet, pihaknya tetap mempertahankan dan mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut.

Yuliana mengatakan, untuk kegiatan pengabdian, setiap kabupaten atau kota di Sumbar sudah ada tim pengabdian FPP yang mewakili untuk mengembangkan potensi di daerah-daerah tersebut.

"Biasanya yang bagus diminta oleh UNP adalah kembali ke kampung dan bangunlah kampung kita," tambahnya.

Ia berharap semoga harapan FPP UNP untuk membangun jaringan internet di daerah tersebut di tahun depan dapat bisa terwujud.(a.c)

0 Komentar