483 Pelajar Ikuti KOSN Kota Pariaman Tahun 2022

 




Pariaman(Indomen) - 483 pelajar SD/MI dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pariaman yang terdiri dari SD 163 dan SMP 320 pelajar mengikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tahun 2022 tingkat Kota Pariaman. Pembukaan KOSN Tahun 2022 Tingkat Kota Pariaman bertempat di Gor Radjo Bujang Karan Aur Kota Pariaman, Senin (21/3).

Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pariaman Elfis Chandra saat membuka kegiatan ini, mengapresiasi dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh terlaksananya KOSN Tahun 2022.

“Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik. Penyelenggaraan KOSN ini merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang olahraga. Tujuannya untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa, meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga dan sekaligus mencari bibit – bibit unggul agar dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet Kota Pariaman, sehingga nantinya diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga baik di tingkat lokal, regional maupun internasional., “ ungkapnya.

KOSN adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga antar peserta didik sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah dalam lingkup wilayah atau tingkat pertandingan tertentu.

“Semoga kegitan ini dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga, membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional sejak usia sekolah. Disamping itu kepada peserta, kita harapkan agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan, menjunjung tinggi fair play, memperkokoh persatuan dan kesatuan sesama peserta. Kompetisi ini bukanlah mencari soal menang atau kalah, tetapi yang lebih penting, adalah bagaimana kita dapat memasyarakatkan olahraga dan menjunjung tinggi semangat sportifitas, “ harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi usai mengikuti pembukaan KOSN mengatakan bahwa pelaksanaan KOSN Tahun 2022 dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

“Untuk jenjang SD/MI ada 6 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu pencak silat, karate, tenis meja, bulu tangkis, atletik, dan sepakbola mini. Sementara SMP/MTS juga ada 6 cabang olahraga yaitu pencak silat, karate, tenis meja, bulu tangkis, atletik, dan bola volley. KOSN dilaksanakan mulai Tanggal 21 S.D 23 MARET 2022, “ ungkapnya.

Ada beberapa tempat yang digunakan dalam pelaksanaan KOSN. Mulai dari Gor Radjo Bujang Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Gor Rawang Kota Pariaman, Lapangan Bola Volley Desa Rawang, Aula SMP 4 Kota Pariaman dan Lapangan Sepak Bola Desa Sikapak Timur kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Hasil dari pemenang KOSN Tahun 2022 tingkat Kota Pariaman, nantinya akan mewakili Kota Pariaman ke tingkat Provinsi Sumatera Barat bahkan sampai tingkat nasional. Seperti Tahun 2021, cabang olahraga pencak silat jenjang SD/MI dan SMP/MTS masuk nominasi di tingkat nasional.

“Dalam penyelenggaraan KOSN ini hendaknya dapat menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki peserta didik seperti bakat dan minat yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta kemampuan dalam bersosialisasi, “ tutupnya(SFR)

0 Komentar