Luar Biasa, Pasaman raih 9 Kali Raih WTP Sejak 2013





Pasaman ( Indomen)- Sukses, sebuah pencapaian yang  luar biasa diraih Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, raih kembali predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan ini diperoleh dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia, berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) tahun 2021.

Prestas iini diraih sudah untuk kesembilan kali diraih Pemereintah Kabupaten Pasaman, semenjak opini WTP diperoleh untuk pertama tahun 2013, sepuluh tahun lalu, atau semenjak periode pertama jabatan H. Benny Utama sebagai Bupati Pasaman.

Bupati H. Benny Utama  menjelaskan, pencapaian prestasi  opini terbaik atas LKPD tahun 2021 itu, sebagai perwujudan nyata dari semangat Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, senantiasa menerapkan tata kelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan secara baik .

“Pemkab Pasaman telah berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan Pememerintah Kabupaten Pasaman, baik dari sisi penganggaran, pelaksanaan anggaran, maupun pertanggungjawaban yang disampaikan melalui laporan keuangan pemerintah daerah ke BPK”, ujar bupati.

Seluruh komponen Pemerintah Kabupaten Pasaman mempunyai kesamaan penilaian, opini WTP dipandang hal yang sangat penting, selain untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat atas pengelolaan pemerintahan dan keuangan, opini WTP juga sebagai bukti, bahwa anggaran daerah telah dikelola secara profesional, prudent, transparan dan akuntabel.

Menurut Bupati H Benny Utama, opini WTP juga menunjukan konsistensi pengelolaan keuangan, walaupun ditengah upaya pemerintah daerah menghadapi kondisi pandemi Covid-19, jelas bupati.

“Capaian positif tersebut, bukti nyata, bahwa sepanjang tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Pasaman telah berupaya keras untuk memastikan peran APBD tetap optimal sebagai instrumen fiskal yang efektif merespon berbagai dampak, terutama dalam penanganan pandemi Covid-19, yang tetap menjaga tujuan dan target pembangunan daerah dapat tercapai”, jelas H. Benny, lagi.

Bupati berharap, capaian ini terus menjadi tradisi bagi Pememerinta Kabupaten Pasaman, dan jadi pemicu agar selalu mampu mengelola keuangan dengan tanggungjawab, transparan, akuntabel, apalagi dalam kondisi pandemi.

“Saya mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan ASN di Kabupaten Pasaman yang bekerja cukup baik. Jika tidak salah, telah terbukti semenjak pertama kali WTP diraih tahun 2013 lalu, memperlihatkan keseriusan dalam menunaikan tugas sesuai dengan tugas masing-masing. Pasaman mampu WTP berturut-turut 9 kali, tentu hal ini sangat menggembirakan kita”, kata H Benny Utama.(Dim)

0 Komentar