Pemkab Pasaman Gelar Peringatan Harkitnas dan Hardiknas secara Bersamaan




Pasaman ( Indomen)-  Upacara Peringatan hari  Pendidikan Nasional  di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, sedianya dilaksanakan Senin 2 Mai 2022, namun, bersamaan pada Mei ini juga peringatan Hari Kebangkitan Nasional, dua kegiatan ini digabung jadi dilaksanakan bersamaan Jumat (20/5/2022) di halaman Kantor Bupati Pasaman di Lubuk Sikaping.

Dua hari besar nasional yang diperingai bersamaan itu, dipimpin Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, dihadiri Forkopimda Pasaman, Sekretaris Daerah Mara Ondak, Kepala OPD, Pimpinan BUMD, perwakilan instansi, perwakilan pelajar SLTA, SLTP, MAN, Insitut Ilmu Sosial dan Tekhnologi Khatulistiwa, perwakilan murid Sekolah Dasar (SD).

Lebih meriah dan suksesnya peringatan dua hari besar tersebut, diramaikan iring-iringan Marching Band persembahan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman. Komandan upacar dipercayakan kepada guru PJOK Sekolah Menengah  Atas  (SMA) Negeri 2  Lubuk Sikaping, Primananda.

Inspektur upacara Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, dalam sambutannya sambutanya menjelaskan, hari pendidikan yang diperingati saat ini mencapai 140 ribu  lebih satuan pendidikan, menerapkan kurikulum merdeka ke seluruh Indonesia.

“Disamping itu, papar Sabar AS, anak-anak kita tak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan, karena  asesmen nasional yang digunakan saat ini tidak bertujuan  untuk menghukum  guru atau murid, tetapi adalah sebagai bahan refleksi  untuk terus mendorong kegiatan pembelajaran, agar kepala sekolah termotifasi meningkatkan kualitas sekolah, hingga jadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan”, sebut wabup.

Sabar AS juga mengingatkan, tema yang diangkat momen hari kebangkitan nasional yang kita peringati saat ini  adalah “Ayo Bangkit Bersama”. Karena itu peringatan dua hari besar ini bukan sekeedar seremonial saja, namun kita harus paham dari sisi nilai historis hari kebangkitan tersebut, terutama kita telah bangkit memerangi pandemic Covid-19 yang di alami seluruh dunia, tutur Wakil Bupati Sabar AS.(Dim)

0 Komentar