Tim Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar Lakukan Penilaian di kelurahan Gulai Bancah Bukittinggi

 


Bukittinggi  ( indomen)-Dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Barat, Amasrul ,Tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2022 melakukan verifikasi lapangan ke Gulai Bancah Bukittinggi, Kamis (16/6).

Pada kesempatan itu Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan, Kubu Gulai Bancah, merupakan kelurahan terbaik di Bukittinggi, hasil penilaian tim kota tahun 2022 ini. Kubu Gulai Bancah siap mengukir kembali sejarah enam tahun lalu, menjadi kelurahan terbaik di tingkat nasional.

“Dalam urusan pemerintahan, telah diukur keberhasilan dan juga beberapa item yang masih perlu ditingkatkan. Dari penilaian, Kubu Gulai Bancah saat ini memang menjadi terbaik di Bukittinggi dan siap kembali menjadi terbaik di Sumbar hingga tingkat nasional. Banyak inovasi yang dilahirkan Kelurahan Kubu Gulai Bancah, dalam rangka memberdayakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sekda.

 Seorang tokoh masyarakat Gulai Bancah, Heru Tri Astanawa, menyatakan, Lurah Gulai Bancah, merupakan lurah muda energik, dekat dengan masyarakat dan banyak berinovasi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Salah satunya, membuat website untuk promosi produk UMKM Gulai Bancah. Gulai Bancah merupakan kelurahan unik yang hanya punya 2 RW dengan luas 181 Ha. Kelurahan Gulai Bancah, menjadi lokasi banyak perkantoran pemerintahan,” ujarnya.

 Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Amasrul, selaku tim penilai, menjelaskan, penilaian memang mengarah pada upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pasca covid-19. Tema lomba tahun ini, “Nagari/Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh”.

“Penilaian, lanjutnya,mengarah pada keterkaitan data profil kelurahan dengan dukungan perencanaan dan penganggaran serta inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pasca covid-19, serta bagaimana perwujudan kelurahan bersih. Pelaksanaan kelurahan berprestasi dibagi tiga tahapan, administrasi, paparan lurah dan klarifikasi lapangan.

Lurah Gulai Bancah, Andri Gusfrima, dalam eksposisi, memaparkan, dalam masa pandemi ini banyak inovasi-inovasi yang diciptakan pemerintah kelurahan berupa Aplikasi Link Cyber Pelayanan dan Aplikasi Pemberdayaan Masyarakat. Semua aplikasi sudah memiliki barcode sehingga lebih cepat masyarakat mengakses link nya.

Selain mempunyai inovasi, kelurahan Kubu Gulai Bancah juga mempunyai produk unggulan yang banyak, seperti adanya aneka sulaman, sentra makanan ringan, kerajinan akrilik , aneka rajut. Selain itu di kelurahan ini juga ada dua pokdakan yang mengelola maggot, ikan lele, nila serta pembuatan arang dari batok kelapa. Pengolahan sampah biodigester sehingga hanya sampah plastik yang dibuang.(SFR)

0 Komentar