Wako Bukittinggi Harapkan Bimtek Penyusunan masterpalan Smart City Bisa Hsilkan Input Formulasi Kabijakan

 




Bukittinggi ( Indomen)- Dengan  terpilihnya Pemko Bukittinggi sebagai salah satu kota di Indonesia yang menandatangani komitmen program menuju smart City nasional,maka untuk pengimplementasiannya diberikanlah Bimtek kepada SKPD se kota Bukittinggi dalam upaya untuk penyusunan masterplan Smart City.

Hal ini djelaskan Kepala Dinas Kominfo Pemko Bukittinggi, Erwin Umar,sehubungan dengan kegiatan Bimtek penyusunan masterplan Smart City di hotel Balcone,senin ( 13/6) yang langsung dibuka Walikota Bukittinggi Erman Safar.

Sementara Walikota  Erman Safar Bukittinggi dalam.sambutannya menyatakan bahwa, pemko Bukittinggi sangat berterimakasih dengan terpilihnya Buukittinggi bersama 50 kota lainnya di Indonesia yang menandatangani kesepakaan menuju kota cerdas. pada bimtek yang dilakukan ini tentu ada tenaga pendamping dan bimbingan dari pemerinah pusat.

" Bimtek ini diadakan untuk memberikan pendampingan dan asistensi, sehingga kepala daerah bisa mendapatkan input fomulasi kebijakan dalam rencana induk smar city yang tepat dan akurat. Saat ini pemko Bukittinggi sedang membuat sistem Bukittinggi Hebat  yakni  sistem date base yang digunakan untuk mempelajari gerak masyarakat di bidang ekonomi,usia,sosial dan bidang lainhya.Sehingga bisa menjadi data akurat untuk menghasilkan  berbagai program kemasarakatan nantinya..Dan sistem ini akan berintegrasi kepada semuua SKPD," Kata Walikota Erman Safar.

Sementara Dirjen Ampilksi dan Informatika Hafni Septiana,sebagai perwakilan Kemenkominfo RI menyatakan bahwa, Smart City bukan hana sekedar pengadaan atau pembangunan TIK, namun lebih kepada kemampuan sebuah kota melalui Pemerintah daaerah unuk memberikan lanan kepada masyarakat.Jadi Smart City adalah tanggunjawab seluruh SKPD.

Kepala dinas Kominfo Pemko Bukittinggi, erwin Umar lebih jauh menjelaskan bahwa Kota Bukittinggi terpilih setelah melewati proses Assesment. Dan Kota Bukittinggi dinilai telah siap enjalankan program Smart City. Bimtek ini akan diadakan sebanak 4 kali. dan pokeber 2022 ini diharapkan maserplan smar city sudah selesai disusun,harap Erwin Umar. ( SFR)


0 Komentar