IKA SMPN I Pangkalan Angkatan 82 dan 85 Gelar "Jumpa Kangen dan Silaturahmi"

 



Pangkalan Kotobaru (Indomen) - Ikatan Alumni (IKA) Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 ( SMPN1)  Pangkalan, kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Koto. Adakan kegiatan jumpa kangen dan silaturahmi, di ruang pertemuan UPTD SMPN 1, Sabtu 25 Juni 2022. Dalam pertemuan tersebut tampak hadir dua Angkatan 1982 dan 1985, yang datang dari tiga kota besar, Kota Padang, Pekanbaru dan Jakarta.

Walaupun baru terbentuk IKA SMPN1 Pangkalan, tapi telah menunjukkan kiprahnya di tengah-tengah masyarakat, Melalui kegiatan bertajuk Diskusi Publik dengan tema 'Sharing Pengalaman Pelaku UMKM & Peluang Usaha Kuliner Rumahan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Perusahaan Randang Zara dari Padang.

Lebih lanjut dikatakannya, ia akan mencoba menstimulus pelaku UMKM khususnya yang bergerak dibidang kuliner rumahan khas Pangkalan, sebut Ketua Umum IKA, Eri Wardhana kepada media ini, Jum'at (01/07/2022) di Pangkalan.

"IKA SMPN1 Pangkalan, barusan terbentuk tapi telah menunjukkan kiprahnya ditengah masyarakat, melalui kegiatan diskusi Publik dengan tema Sharing Pengalaman Pelaku UMKM & Peluang Usaha Kuliner Rumahan" kata Eri Wardhana.

Pihaknya memaparkan bahwa ada dua target utama kegiatan Alumni ini.Pertama yang menyentuh langsung tempat para alumni dulunya menuntut ilmu, seperti pembinaan mental dan karakter murid, santuna siswa dan siswi yang kurang mampu dan infrastruktur. Kedua ditujukan buat menggerakkan potensi-potensi  ekonomi yang ada di tengah-tengah masyarakat, sebut pengusaha sukses Daerah Duri itu.

Khusus untuk kegiatan Diskusi Publik kali ini, dimaksudkan agar UMKM lebih termotivasi untuk berkembang sesuai perkembangan zaman. Owner Randang Zara, H.Rafdinal yang merupakan alumni angkatan 82, membagikan pengalaman serta tips-tips suksesnya yang telah merambah pasar kuliner regional, ungkap ketua IKA itu.

Pada kesempatan berharga tersebut juga dikupas tuntas segala permasalahan yang dihadapi pelaku usaha di lapangan. Mulai masalah perizinan, sertifikasi halal, modal, sampai peluang pemasaran. Alhasil beberapa persoalan klasik tersebut dapat dicarikan solusinya secara Bersama-sama, tutupnya.

Kepala UPTD SMP Negeri 1  Pangkalan Okta Rizaldi pada kesempatan yang sama menyatakan dukungan terhadap upaya-upaya yang dilakukan IKA SMP 1 Pangkalan tersebut.

 “Kegiatan ini sangat positif dan mampu mendongkrak pendapatan masyarakat melalui usaha kuliner rumahan yang sehat dan dikelola secara profesional” sebut Okta Rizaldi kepala sekolah yang baru beberapa bulan bertugas di sekolah tersebut.
 
Pihak sekolah akan senantiasa mensupport setiap kegiatan alumni dan siap bersinergi untuk kemaslahatan masyarakat pada umumnya dan peningkatan mutu sekolh pada khususnya, terangnya 

Pada kegiatan tersebut tampak hadir beberapa tokoh masyarakat Pangkalan, diantaranya Wali Nagari, Ketua Bamus serta beberapa alumni senior  yang turut memberikan motivasi sekaligus solusi berusaha, serta berkomitmen membantu urusan perizinan sampai ke pemasaran dengan berkoordinasi dengan OPD terkait.

Diakhir kegiatan dibuka bazar bersama produk Randang Zara beserta produk-produk kuliner rumahan khas Pangkalan seperti Bolu Komojo, Katupek Sari Kayo, Oti Coca, Limpiang Okok & kue kering lainnya.(Sutan)

0 Komentar