Kabid Pariwisata Pasaman, Ahdi Susanto,S,Pd., M.Pd : Perayaan Titik Kulminasi Diramaikan dengan " Pasaman Equator Festival" Mulai 20-24 September

 

Kepala Bidang Pariwisata Pasaman  Ahdi Susanto,Spd ,M,pd



Pasaman(Indomen)- Pemerintah Kabupaten Pasaman melaksanakan perayaan titik kulminasi dengan bentuk Pasaman Equator Festival, dilaksanakan di Museum Tuanku Imam Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat selama lima hari(20-24).

Festival dengan tema Perayaan Titik Kulminasi Matahari ini, juga akan dimeriahkan dengan wisata edukasi, pentas seni, hingga bazar UMKM.

Kepala Bidang Pariwisata Pasaman Ahdi Susanto menjelaskan, akan ada beragam perlombaan yang akan diikuti oleh siswa setingkat SD dan SMP.

“Dalam perayaan ini kita melaksanakan wisata edukasi dengan kegiatan belajar dan bermain di alam dalam bentuk lomba melukis, mewarnai, dan congklak untuk tingkat SD. Lomba cerdas cermat, bercerita dan engrang tingkat SMP,”terang Ahdi, Selasa (20/09/22).

Daya tarik wisata dalam rangka titik kulminasi ini yakni peragaan fenomena alam titik kulminasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk paparan ilmiah oleh BMKG Padang Panjang dan diikuti dengan pembuktikan titik kulminasi itu sendiri.

”Besok, tanggal 23 September titik kulminasi tersebut akan dipaparkan langsung secara ilmiah oleh BMKG Padang Panjang,”tutur Ahdi Susanto.  

Selanjutnya Ahdi menjelaskan, untuk menambah meriahnya perayaan ini akan ditampilkan berbagai kesenian daerah, sehingga menjadi momen pemulihan ekonomi bagi Pasaman terutama dalam sektor pariwisata.

“Agar perayaan lebih dirasakan masyarakat, maka diadakan berbagai kegiatan seperti bazar dari UMKM. Ini juga tahun pertama acara festival yang bisa hidup kembali dipasca pandemi, sekaligus pemulihan ekonomi bagi Pasaman sendiri,”ucapnya mengakhiri.(Andra)

0 Komentar