Potensi Terbaru Wisata Nagari Binjai , Pasaman, Ada " Kuburan Keramat dan Ikan Larangan " Lubuak Pandan

 



Pasaman,( Indomen)--Nagari kita punya potensi wisata yang luar biasa. Ungkap Bustiar wali nagari Binjai didampingi ketua Bamus Bahari Dt. majolelo saat pembukaan ikan larangan di Lubuk Pandan jorong Binjai nagari Binjai kecamatan Tigo Nagari, Sabtu (11/3).

Bustiar menambahkan bahwa ikan larangan Lubuk Pandan akan terus dilestarikan dan ditingkatkan taraf iventnya. Begitu juga budaya kuburan keramat akan dijadikan ivent pariwisata bertaraf provinsi Sumatra Barat. 
Selama ini setiap tahun acara memotong hewan Jawi di hadiri oleh ribuan pengunjung, dan itu hanya di kelola secara nagari. Kedepan kita berharap ada dukungan pemerintah untuk pengembangannya. 

Bustiar menambahkan bahwa bentuk komitmen pemerintah nagari dan Bamus dalam mengembangkan potensi wisata ini di buktikan dengan dukungan anggaran nagari untuk pengembangannya. Diantaranya pembangun jembatan yang sekarang sudah selesai tonggak/pondasi kiri kanan sungai nya.  Pembuatan jembatan ini disamping mengembangkan potensi wisata juga pengembangan potensi pertanian dan mempermudah masyarakat dalam memobilisasi hasil pertaniannya. 

Begitu juga akses jalan ke lokasi Lubuak Pandan juga akan di benahi tahun 2024 mendatang. Wakil Bupati Pasaman Sabar AS didampingi Kabid Pariwisata  Ahdi Susanto yang hadir membuka ikan larangan Lubuak Pandan saat itu menyambut baik dan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen wali nagari dalam mengembangkan potensi nagarinya ,terutama di bidang pariwisata. " sangat apresiasi kepada wali dan Bamus yang sudah melihat potensi nagarinya dan berkomitmen mengembangkannya. 

Saya minta DPM dan pariwisata agar inten membantu nagari Binjai mengembangkan potensi nagarinya. ". DPM dan pariwisata harus bergandengan tangan membantu nagari Binjai untuk mengembangkan potensinya." Tegas Sabar ( dim)

0 Komentar