Strategi Sukses Pemasaran Chintya Laundry


Oleh: Chintya Aprilia dan M Ferdinal, Dr., M.A.


Civitas Universitas Andalas

 

Kebutuhan masyarakat saat ini begitu kompleks hingga harus terpenuhi. Dengan adanya kecanggihan teknologi dan informasi, tentu masyarakat dituntut untuk harus beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini memberkan dampak kepada industri. Hingga saat ini, terdapat berbagai macam Industri hadir untuk menyediakan kebutuhan masyarakat. Salah satunya dengan jasa laundry.

Jasa laundry menjadi usaha yang paling diminati saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya usaha jasa laundry di berbagai penjuru. Tidak hanya di kota, usaha ini mampu bersaing di lingkungan daerah. Salah satunya jasa laundry di Kabupaten Sarolangun, provinsi Jambi yaitu Chintya Laundry.

 


Foto 1:Chintya Laundry

Chintya Laundry merupakan usaha jasa laundry yang berdiri pada tahun 2018. Sebelumnya, Chintya Laundry didirikan oleh sepasang suami istri yang kembali ke kampung halaman. Meskipun di tempat usaha sudah banyak usaha yang membuka jasa Laundry. Chintya laundry dapat menyaingi kompetitor dan menjadi salah satu usaha Laundry yang terkenal.  

Dalam wawancara, terdapat nilai-nilai yang diterapkan oleh pemilik untuk mengembangkan usaha nya dalam skala besar meskipun lokasi terdapat di daerah. “Laundry itu kan usaha jasa, jadi kita dalam proses pengerjaannya harus pake taktik agar target untuk hari ini selesai dan tidak menumpuk baju orang” ujar Maisaroh, pemilik Chintya Laundry.

 

Pelayanan

Hal terpenting dalam mejalankan usaha Laundry adalah pelayanan. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana jasa tersebut bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Baik pelayanan  terhadap konsumen maupun pelayanan terhadap proses usaha. Dalam mengembangkan usaha jasa, sudah menjadi hal krusial untuk mengetahui kebiasaan masyarakat.

Sangat penting menganalasis pasar dan mengetahui keinginan konsumen. Dalam tahap wawancara bersama narasumber. “Agar bisnisnya lancar, baju nya harus bersih dan detail dalam pengerjaan karena para konsumen sangat memperhatikan, Jadi tidak bisa sembarangan” ujar Maisaroh. Konsumen sangat detail terhadap barang pada jasa sehingga selektif dalam memilih sesuatu. Sehingga, pemilik usaha jasa dapat melayani dengan baik.

Selain itu, dalam pelayanan jasa, memiliki visi dalam berwirausaha sangat penting untuk menjaga kepuasan konsumen. Karena yang dilihat pada usaha jasa adalah hasil. Chintya Laundry menerapkan visi untuk selalu memberikan hasil yang maksimal terhadap produk hingga ke tangan konsumen. Sehingga hal ini akan berdampak kepada reputasi pasar dan secara tidak languung menjadi pemasaran dari mulut ke mulut oleh pelangan setia.

Strategi operasi

Tidak hanya melalui pelayanan, untuk bersaing dengan kompetitor perlu startegi operasi yang konsisten untuk mencetak target pasar untuk berkembang. Hal  ini dilakukan secara bertahap. Melalui hasil wawancara, target yang dipenuhi untuk menghasilkan balik modal sekitar 50-100 kg setiap hari. Operasi dilakukan dengan proses usaha laundry yang dilakukan dengan memprioritaskan target. Chintya Laundry harus menyelesaikan seluruh pesanan kilat yang ingin diambil di hari tersebut.

Hal yang patut dicontoh sebagau usaha jasa laundry adalah bagaimana memprioritaskan konsumen. Hal ini berdampak kepada pengusaha yang sangat memegang teguh untuk memberikan yang terbaik terhadap konsumennya. Menjadi perfeksionis merupakan salah satu sifat yang menguntungkan untuk memuaskan hati pelanggan, dan berdampak hingga jangka panjang.

Selain itu, untuk mencapai hal tersebut sang pemilik harus belajar dari kesalahan yang dilakukan untuk memperbaiki peforma jasa tersebut. Untuk jadi pengusaha itu nggak gampang, ada salahnya dulu. Makanya, agar kesalahan itu nggak terulang harus menjaga peforma yang baik dan konsistem dalam menjalankan usaha" ujar Maisaroh. pemilik Chintya Laundry. Sehingga kesalahan tersebut dapat dipelajari dan diaplikasikan baik kepada pemilik, maupun pekerja di Chintya Laundry.

 

ia dan M Ferdinal, Dr., M.A.

Sarolangun, Jambi, 04 Oktober 2021

Civitas Universitas Andalas

 

Kebutuhan masyarakat saat ini begitu kompleks hingga harus terpenuhi. Dengan adanya kecanggihan teknologi dan informasi, tentu masyarakat dituntut untuk harus beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini memberkan dampak kepada industri. Hingga saat ini, terdapat berbagai macam Industri hadir untuk menyediakan kebutuhan masyarakat. Salah satunya dengan jasa laundry.

Jasa laundry menjadi usaha yang paling diminati saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya usaha jasa laundry di berbagai penjuru. Tidak hanya di kota, usaha ini mampu bersaing di lingkungan daerah. Salah satunya jasa laundry di Kabupaten Sarolangun, provinsi Jambi yaitu Chintya Laundry.

 


Foto 1:Chintya Laundry

Chintya Laundry merupakan usaha jasa laundry yang berdiri pada tahun 2018. Sebelumnya, Chintya Laundry didirikan oleh sepasang suami istri yang kembali ke kampung halaman. Meskipun di tempat usaha sudah banyak usaha yang membuka jasa Laundry. Chintya laundry dapat menyaingi kompetitor dan menjadi salah satu usaha Laundry yang terkenal.  

Dalam wawancara, terdapat nilai-nilai yang diterapkan oleh pemilik untuk mengembangkan usaha nya dalam skala besar meskipun lokasi terdapat di daerah. “Laundry itu kan usaha jasa, jadi kita dalam proses pengerjaannya harus pake taktik agar target untuk hari ini selesai dan tidak menumpuk baju orang” ujar Maisaroh, pemilik Chintya Laundry.

 

Pelayanan

Hal terpenting dalam mejalankan usaha Laundry adalah pelayanan. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana jasa tersebut bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Baik pelayanan  terhadap konsumen maupun pelayanan terhadap proses usaha. Dalam mengembangkan usaha jasa, sudah menjadi hal krusial untuk mengetahui kebiasaan masyarakat.

Sangat penting menganalasis pasar dan mengetahui keinginan konsumen. Dalam tahap wawancara bersama narasumber. “Agar bisnisnya lancar, baju nya harus bersih dan detail dalam pengerjaan karena para konsumen sangat memperhatikan, Jadi tidak bisa sembarangan” ujar Maisaroh. Konsumen sangat detail terhadap barang pada jasa sehingga selektif dalam memilih sesuatu. Sehingga, pemilik usaha jasa dapat melayani dengan baik.

Selain itu, dalam pelayanan jasa, memiliki visi dalam berwirausaha sangat penting untuk menjaga kepuasan konsumen. Karena yang dilihat pada usaha jasa adalah hasil. Chintya Laundry menerapkan visi untuk selalu memberikan hasil yang maksimal terhadap produk hingga ke tangan konsumen. Sehingga hal ini akan berdampak kepada reputasi pasar dan secara tidak languung menjadi pemasaran dari mulut ke mulut oleh pelangan setia.

Strategi operasi

Tidak hanya melalui pelayanan, untuk bersaing dengan kompetitor perlu startegi operasi yang konsisten untuk mencetak target pasar untuk berkembang. Hal  ini dilakukan secara bertahap. Melalui hasil wawancara, target yang dipenuhi untuk menghasilkan balik modal sekitar 50-100 kg setiap hari. Operasi dilakukan dengan proses usaha laundry yang dilakukan dengan memprioritaskan target. Chintya Laundry harus menyelesaikan seluruh pesanan kilat yang ingin diambil di hari tersebut.

Hal yang patut dicontoh sebagau usaha jasa laundry adalah bagaimana memprioritaskan konsumen. Hal ini berdampak kepada pengusaha yang sangat memegang teguh untuk memberikan yang terbaik terhadap konsumennya. Menjadi perfeksionis merupakan salah satu sifat yang menguntungkan untuk memuaskan hati pelanggan, dan berdampak hingga jangka panjang.

Selain itu, untuk mencapai hal tersebut sang pemilik harus belajar dari kesalahan yang dilakukan untuk memperbaiki peforma jasa tersebut. Untuk jadi pengusaha itu nggak gampang, ada salahnya dulu. Makanya, agar kesalahan itu nggak terulang harus menjaga peforma yang baik dan konsistem dalam menjalankan usaha" ujar Maisaroh. pemilik Chintya Laundry. Sehingga kesalahan tersebut dapat dipelajari dan diaplikasikan baik kepada pemilik, maupun pekerja di Chintya Laundry.

 

0 Komentar