Sambut Pemudik, Pariaman Bangun 15 Ruas Jalan Baru Berkonsep Waterfront City

 



Pariaman ( Indomen)- Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy memberikan apresiasi atas langkah Pemerintah Kota Pariaman dalam mendongkrak aksesibilitas pariwisata, sekaligus menyambut pulang kampungnya warga perantau pada lebaran mendatang.

Hal itu disampaikan Wagub menanggapi sambutan Walikota Pariaman, Genius Umar mengawali Safari Ramadan Pemprov Sumbar di Masjid Rahmad, Desa Sungai Rambai, Kota Pariaman, Selasa (20/4).

Sebelumnya Genius mengatakan, Kota Pariaman mendukung penuh program pengembangan pariwisata Pemprov Sumbar. Dengan membuka 15 ruas jalan baru sepanjang 30 km di tepian perairan, ia menargetkan untuk menjadikan seluruh Pariaman menjadi kawasan wisata berkonsep waterfront city.

"Dengan bantuan APBN, APBD juga CSR BUMN, kita membangun kota ini sesuai potensinya. Potensi kita adalah air, jadi kita bangun dengan konsep waterfront city, sehingga pariwisatanya juga bisa berkembang" ungkap Genius.

Menariknya lagi, ia mengatakan pembangunan 15 ruas jalan sepanjang 30 km yang dilakukan jelang kedatangan pemudik itu, dilakukan Pemko Pariaman hanya dengan gotong royong dan secara non-budgeter.

"Sudah enam bulan ini semua ruas jalan kita bangun non-budgeter, tidak ada anggaran. Semua dengan pola gotong royong di pinggir sungai mulai dari Batang Mangor, Sunur hingga Kurai Taji, kemudian dari Mangguang sampai ke Nareh, dan beberapa sungai lain juga," lanjut Walikota Pariaman itu menerangkan.

Menanggapi itu Wakil Gubernur, Audy Joinaldy mengatakan pariwisata Pariaman bisa berkembang pesat dan sangat menjual. Hal itu sejalan dengan gencarnya program pemerintah di sektor pariwisata saat ini.

"Pariaman bisa sangat menjual, pemetaan pantainya keren dan rapi, memang sangat cocok untuk tempat wisata," puji Wagub.

Juga guna mendukung program pariwisata, meski hanya terdiri dari empat kecamatan, hingga saat ini Pariaman sudah memiliki sepuluh desa wisata yang terus berkembang. Desa Apar bahkan telah meraih juara ketiga ADWI untuk kategori desa digital pada 2021 lalu.

"Saya yakin pariwisata Pariaman dapat berkembang pesat. Meski hanya empat kecamatan, desa wisata nya cukup banyak dan dikelola dengan baik. Apalagi lokasinya dekat dari Padang, juga didukung transportasi kereta," kata Wagub optimis.

Pada Safari Ramadannya yang ke-14 itu juga, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy kembali menyerahkan bantuan dari Baznas. Bantuan pendanaan senilai 50 juta rupiah ia serahkan untuk pembangunan Masjid Rahmad yang berlokasi di Desa Sungai Rambai, Pariaman Utara itu. (Aidil/Mc Prov Sumbar)     Dinas Kominfotik Sumbar

0 Komentar