Pada HGK PKK ke 50 tahun 2022 kepulauan Mentawai Genap Rosmaida Yudas Pimpin PKK selama 15 tahun

Pada HGK PKK ke 50 tahun 2022 kepulauan Mentawai Genap Rosmaida Yudas Pimpin PKK selama 15 tahun

Jumat, 13 Mei 2022

 





Mentawai (Indomen)  Bertempat Aula Bappeda Mentawai,  ketua PKK Kab. Kepulauan MentawaiRosmaida Yudas  menyampaikan kepada seluruh anggota PKK  untuk kembali merefleksi kegiatan apa yang akan kita lakukan dan apa kegiatan yang akan dilakukan PKK Kab. Kep. Mentawai kedepanya

 Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerakan (HKG) PKK KE 50 Tahun2022, dimana Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya Dalam kesempatan ini juga ketua PKK Kab. Kep. Mentawai  Rosmaida Yudas menyampaikan kilas balik kegiatan atau capaian kegiatan PKK Kab. Kep. Mentawai Selama 15 Tahun belakangan ini menjabat sebagai ketua PKK.

 Rosmaida Yudas dilantik menjadi ketua PKK Kab. Kep. Mentawai pada usia 27 Tahun, dengan usia yang masih 27 Tahun adalah usia yang masih sangat mudah bagi Ibu Rosmaida Yudas untuk memimpin satu organisasi PKK Kab. Mentawai Yang cukup besar ruang lingkupnya. 

Banyak pengalaman yang dialami Rosmaida Yudas dalam menjalankan roda organisasi PKK se-Kabupaten Mentawai." Saya sangat bersyukur menjadi ketua PKK Se-Kabupaten Mentawai dimana saya terlatih mental dalam membina dan mengharumkan nama baik PKK Kab. Kep. Mentawa,kata Rosmaida.

 Adapun capaian perubahan yang di alami oleh Ibu Rosmaida Yudas diantaranya memunculkan keberanian ibu-ibu PKK di Kab. Kep. Mentawai tampil lebih berani selayaknya ibu-ibu di luar Mentawai, yang awalnya ibu-ibu malu untuk merias diri dalam setiap acara resmi yang mereka ikuti, sekarang mereka dapat tampil tanpa rasa malu dalam merias diri. 





Sehingga dengan perubahan ini timbul ide ibu-ibu PKK, untuk dapat membuat sebuah usaha salon. Meskipun target ini belum tercapai, tetapi Rosmaida Yudas, Merasa bangga kepada ibu-ibu PKK tampil dengan tatarias sudah seperti salon. Kemudian target yang lain yang sudah mulai dirintis oleh ibu-ibu PKK adalah kerajinan tangan atau souvenir produk-produk dalam daerah. Membuat produk makanan yang bahan pokoknya dari hasil bumi Mentawai dan sampai membangun sebuah wadah untuk pemasaran hasil-hasil karya ibu-ibu PKK.

Hal lain perubahan yang dirasakan Rosmaida Yudas yaitu terjadi perubahan pola hidup bersih bagi ibu-ibu PKK, baik itu PKK Kabupaten, PKK Kecamatan dan PKK Desa. Dimana ketika turun kelapangan baik itu di Kecamatan dan Desa terutama bagi ibu-ibu yang menjadi pengurus dan anggota PKK pada dasarnya sudah tampil bersih baik diri maupun lingkungan rumahnya.

 Dalam kesempatan ini juga  Rosmaida Yudas juga menyampaikan bahwa PKK juga harus bisa mencari solusi dalam kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat yang tidak mampu. Misalnya ditemukan dilapangan ada masyarakat yang membutuhkan bibit tanaman dan masyarakat yang membutuhkan support untuk menjalankan usaha, Ibu-ibu PKK harus mencari solusi bagi masyarakat yang dalam kesulitan dengan cara mencari jalan keluar memfasilitasi masyarakat menghubungkan mereka dengan dinas-dinas terkait agar bisa membantu. 

Satu hal lagi yang menjadi capaian yang cukup mengahrumkan nama Mentawai adalah memindahkan motif tato sikerei yang merupakan tato tertua di Dunia menjadi batik motif tato sikerei dalam kain, dan ini sangat signifikan perubahannya untuk menjadi souvenir khas Mentawai.

Pada kesempatan HKG PKK ke 50 Tahun ini juga Rosmaida Yudas menyampaikan mohon maaf kepada seluruh Anggota PKK, Baik itu PKK Kabupaten, PKK Kecamatan dan PKK Desa dimana selama 15 Tahun Menjabat Sabagai Ketua PKK Kab. Kep. Mentawai. Banyak kekurangan, banyak Kenangan yang kurang baik baik itu prilaku dan tindakan serta kosakata yang kurang berkenan dihati ibu-ibu PKK se-Kabupaten, sebagai manusiawi saya sadar akan kesalahan itu, maka dengan sangat renda hati saya mohon maaf atas segala kekurangan saya,harapnya. (Miki)

Ekonomi