Terima Kunjungan Investasi Ketua Pusat BPP PHRI, Suhatri Bur Tawarkan 3 Lokasi Objek Wisata

 





Padang Pariaman ( Indomen),- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur terima kunjungan investasi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani, pada Rabu (03/08).

Dalam kunjungan minat investasi tersebut Bupati Suhatri Bur tawarkan tiga lokasi objek wisata kepada Hariyadi dan rombongan. Lokasi yang pertama dikunjungi adalah Kawasan Taman Ekowisata Berbasis Air. Lahan seluas 27 h ini, merupakan lokasi pemulihan akses terbuka dan lahan bekas tambang, berpotensi menjadi kawasan wisata perkotaan terletak di Nagari Lubuk Alung dan Balah Hilir Kecamatan Lubuk Alung.

Lokasi kedua yang ditawarkan Bupati Suhatri Bur adalah kawasan wisata rekreasi Anai Resort kepada para investor yang tergabung dalam kunjungan PHRI tersebut. Dan lokasi ketiga adalah kawasan wisata kuliner Pantai Tiram yang terletak di pesisir pantai Kecamatan Ulakan Tapakis.

Ketiga lokasi wisata yang ditawarkan, dua diantaranya adalah kawasan wisata yang sudah lama berkembang, yaitu Anai Resort dan Wisata Kuliner Pantai Tiram. Sedangkan Kawasan Taman Ekowisata di Kecamatan Lubuk Alung merupakan kawasan wisata perkotaan yang memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan.

“Dijamin para investor dan masyarakat sama-sama diuntungkan dengan pembangunan objek wisata di Padang Pariaman dengan jumlah penduduk 400 ribu jiwa lebih,” papar Suhatri Bur dalam menerima kunjungan tersebut didampingi Kepala DPMPTP Yutiardy Rivai.

Suhatri Bur juga menepis anggapan yang selama ini dikatakan Sumatera Barat sangat sulit menerima investor untuk masuk. Dia menegaskan bahwa di Padang Pariaman telah banyak proyek-proyek nasional yang berjalan dan bahkan katanya sudah banyak yang selesai.

“Sebenarnya bagi masyarakat Padang Pariaman juga dapat merasakan manfaat dari berbagai pembangunan, makanya dalam upaya pembebasan lahan masyarakat, perlu komunikasi dan sentuhan penyelesaian yang berpihak kepada mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan menfasilitasi setiap investasi yang masuk dengan masyarakat setempat dan memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan. Makanya dia berharap para investor PHRI mau berinvestasi di Padang Pariaman.

“Prinsipnya selama tidak melanggar regulasi, pemerintah daerah akan fasilitasi. Saya tidak ingin, pembangunan dilaksanakan dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat tapi aparaturnya berurusan dengan aparat penegak hukum karena melanggar regulasi yang ada,” tegasnya

Kemudian Bupati Suhatri Bur mengungkap bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari tawarannya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta membuka peluang investasi pada beberapa titik lokasi yang akan diajukan untuk pembangunan wisata oleh Investor.

“Terima kasih pak Hariyadi dan rombongan, sudah berkunjung ke Padang Pariaman. Hari ini telah terjawab ajakan saya dalam pertemuan sebelumnya kepada Pak Hariyadi, mudah-mudahan ada yang nyangkut di hati bapak-bapak untuk menabung di sini,” katanya mengajak.

Kemudian dalam kunjungan tersebut Hariyadi Ketua Umum BPP PHRI mengatakan, bahwa kehadirannya bersama rombongan untuk mencari potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata dan tempat berinvestasi. Dia mengaku, potensi yang didukung dengan lahan untuk pengembangan sangat banyak di Padang Pariaman.

“Saya pribadi menilai, dari tiga lokasi yang kami lihat sangat luar biasa potensinya, secara tim kami akan tentu skala prioritasnya,” ungkap Hariyadi yang didampingi Sekjend BPP PHRI Maulana Yusran.

Hariyadi juga mengatakan akan menindaklanjuti kunjungan hari ini di tingkat kepengurusan BPP PHRI. Dia menyebutkan bahwa setiap kunjungan selalu ada pembahasan dan kajian-kajian oleh tim yang tergabung dalam PHRI.

“Kami akan memilih sesuai selera, semuanya berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata dan tempat berinvestasi,” katanya mengakhiri.

Hal senada juga disampaikan oleh Hans Manansang dan Budi Tirtawisata. Bahkan mereka ikut memberi beberapa pandangan kepada Bupati Suhatri Bur untuk pengembangan dan peningkatan pariwisata dibeberapa lokasi yang telah ditawarkan dan dikunjunginya hari ini.

Hadir bersama rombongan PHRI Hans Manangsang Ketua Umum Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) sekaligus pemilik Taman Safari Indonesia, Bali Safari dan Baobab Safari Resort di Prigen. Budi Tirtawisata Wakil Ketua Umum BPP PHRI dan juga selaku Owner Panorama Tour, Travel Group, dan Hotel 101 Group.

Ikut mendampingi Kepala DPMPTSP Provinsi Sumatera Barat Adib Alfikri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siti Aisyah dan Ketua BPD PHRI Sumbar Rina Pangeran. Tampak juga hadir Kepala Dinas Satpol PP Damkar Padang Pariaman Syofrion M, Camat dan Wali Nagari di Kecamatan setempat.(Kominfo/SFR)

0 Komentar