Bupati H. Benny Utama : Program Hafiz Alqur'an dan Magrib Mengaji Upaya Mencapai Pasaman Yang Berimtag

 



Pasaman(Idomen)---Salah satu program Prioritas Kabupaten Pasaman Adalah mewujudkan masyarakat Pasaman yang beriman dan bertaqwa ( Berimtaq ) hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan seleksi Hafiz Al Qur'an yang diselenggarakan oleh bagian kesra sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman, bekerjasama dengan Pasaman Islamic Center dan BAZNAS Pasaman.

Pelaksanaan seleksi tersebut diselenggarakan mulai tanggal 2 sampai dengan tanggal 19 Agustus  2022 dimasing masing kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman. 

Sementara untuk peserta final yang telah diseleksi di Islamic Center Lubuksikaping pada tanggal 6 sampai dengan 9 September 2022 berjumlah 1.072 orang, kepada masing-masing peserta final di berikan sertifikat hafiz Al Qur'an dari Pasaman Islamic Center dan piagam penghargaan dari Bupati Pasaman.

Selain itu untuk yang di wisuda di Gedung olah raga ( GOR ) tuanku Rao Lubuksikaping pada hari ini Rabu tanggal 28 September 2022 berjumlah sebanyak 837 orang hafiz dari masing masing kecamatan yang terbagi menjadi 1 JUZ  sebanyak ( 764) orang,  2 JUZ  ( 27 ) orang, 3 JUZ ( 14 ) orang, 4 JUZ  ( 4 ) orang, 5 JUZ ( 16 ) orang, 7 JUZ ( 5 ) orang, 10 JUZ ( 4 ) orang, 15 JUZ ( 1 ) orang, 20 JUZ ( 1) orang, 30 JUZ ( 1 ) orang.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman " Mara Ondak, selaku ketua Badan Pengelola Islamic Center saat menyampaikan laporannya pada kegiatan wisuda hafiz Al Qur'an tersebut.

Kordinator tim Juri Hafizh Al.Qur'an Kabupaten Pasaman H.Nasbin Panyahatan menjelaskan, peringkat terbaik hasil seleksi tersebut diantaranya adalah, untuk Hafiz 1 juz putri  atas nama Zikra Alkanza, Hafizh   juz Putra atas nama Septian Wardana. 

Untuk kategori 2 juz putri atas nama Faizah Nasution, 2 juz Putra atas nama Sahrul Al Faris, dan 3 juz Putri diraih oleh Nurul Fadhilah, 3 Juz Putra atas nama Ahmad Fauzi Maulana, 4 juz Putri diraih oleh Wirniati, dan Putra Audia Ilham, 

Selain itu untuk kategori 5 juz Putri diraih oleh Mailani, 5 juz Putra atas nama Abdul Hadi, dan untuk golongan 7 juz Putri diraih oleh Santri Awaliyah Putri, dan 7 juz Putra diraih oleh Kahiruman Munandar .H.  

Untuk kategori hafalan 10 juz Putri diraih oleh Khorul Bariah, 10 juz Putra dipegang oleh Rayhan Firmansyah, peraih terbaik pada kategori hafalan 15 juz putri diraih oleh Niha Apriela, dan untuk hafalan 20 juz diraih oleh Fauzan, dan untuk 30 juz diraih oleh Amad Sulaiman Siregar. 

Selanjutnya Bupati Pasaman H.Benny Utama dalam kesempatan tersebut usai me wisuda Hafizh dan Hafizah tersebut dalam  arahannya menyebutkan, dengan adanya kegiatan Wisuda Hafizh Al Qur'an yang dilaksanakan ini, nantinya akan dapat  menumbuh kembangkan minat baca Al Qur'an ditengah masyarakat.

Sekaligus merupakan salah satu wujud dari program pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu menuju Pasaman yang berimtaq, sehingga kita bisa dapat menghasilkan ahli ahli dan penghafal Al Qur'an sampai ke Nagari dan Kabupaten.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pasaman sangat memberikan apresiasi terhadap para guru guru mengaji termasuk yang berada di MDA, TPQ, Rumah Tahfizh, Ustadz dan  Ustadzah yang dapat memberikan waktu, tenaga dan pikirannya dalam membimbing calon hafizh dan Hafizah menjadi penghafal Al Qur'an,"ujar Benny Utama. 

Dan kepada Hafish dan hafisah, Bupati berpesan, agar dapat menjaga hafalan Al Qur'an tersebut, dan kepada orang tua kira nya juga dapat membimbing anaknya dalam hafalan Al Qur 'an agar jangan sampai hilang dan bahkan lebih ditingkatkan 
Sebagai rasa terima kasih terhadap para guru mengaji tersebut, Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman untuk tahun 2022 ini telah menganggarkan sebesar 1,9 milyar rupiah untuk honorarium para guru mengaji MDA, TPQ, Pondok Tahfizh, dan untuk tahun depan juga akan dianggarkan sesuai dengan anggaran yang ada,"tambah H. Benny Utama.

Disamping itu Banny Utama mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan program Magrib mengaji yang dilakukan oleh seluruh keluarga, hal ini penting dilaksanakan, mengingat diarus globalisasi ini banyak hal hal negatif yang harus kita waspadai, dan dengan mengaji tersebut merupakan cara ampuh untuk membentengi diri,"ujar Benny Utama mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan wisuda Hafizh dan Hafizah tersebut, Forkopimda Pasaman, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se  Pasaman, ribuan warga termasuk para wali murid.(Andra)

0 Komentar