Kadis Ade Harlien : Melalui Sayembara Logo Tagline Pasaman; Berhasil " Land of the Equator" Didapatkan

 

Kadis Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, Ade Harlien

                   
Pasaman,( Indomen) - Alhamdulillah, logo Tagline Pasaman:Land of the Equator sudah didapatkan melalui sayembara yang dilaksanakan baru-baru ini.” Ungkap Kadis Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, Ade Harlien di ruang kerjanya, Senin (16/12).

Loga tagline ini dimenangkan oleh M. Sya’ban  Arief Rangkuti seorang graphis dan advertising business yang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur. Dalam desainnya, mengintegrasikan rumah gadang, tugu equator, museum tuanku Imam Bonjol dan keindahan alam Pasaman. Tambah Ade.

Ade menjelaskan bahwa dari logo tagline tersebut ada beberapa simbol yang harus dijaga dan dipromosikan. Simbol-simbol tersebut antara lain; Atap rumah gadang visual dari ciri khas lokal yang dimiliki masyarakat Sumatra Barat. Objek atap rumah gadang juga disampaikan pula pada masing-masing huruf “PASAMAN”. 




Hal ini mempertegas bahwa kabupaten Pasaman salah satu daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan lokal yang luhur. Symbol lain yang ada pada logo yaitu wisata alam. Objek gonjong berwarna hijau mempresentasikan kabupaten Pasaman memiliki keindahan wisata alam yang indah. Ada juga symbol Pasaman ranah saiyo hal itu ditandai oleh objek gonjong berwarna ungu mempresentasikan bumi Pasaman sebagai bumi ranah Saiyo, pada hakikatnya melambangkan kemufakatan dalam melaksanakan putusan sehingga timbul keharmonisan/keserasian masyarakat dan etnik di kabupaten Pasaman dalam menjaga dan melestarikan  kearifan lokal. Symbol kelima yang ada pada logo tersebut yakni bola dunia yang mempresentasikan kabupaten Pasaman sebagai salah satu kawasan yang berada persis dilintasan garus tengah bumi/garis khatulistiwa.

Kepala Bidang Pariwiata, Ahdi Susanto menguraikan bahwa pemenang sayembara tagline ini diberi hadiah juara satu sebanyak tujuh juta rupiah, yang dimenangkan oleh saudara M. Sya’ban Arief Rangkuti, juara dua Yandri Desfiardi mndapatkan hadiah dua juta rupiah dan juara tiga mendapatkan uang satu juta rupiah yang dimenangkan oleh M. Dandi Saputra.


Kepala Bidang Pariwiata Pasaman, Ahdi Susanto 

                                

Kedepan tagline ini akan di buatkan surat keputusan Bupati nya agar diberlakukan resmi di Kabupaten Pasaman. Sekaligus akan diurus ha kekayaan intelektualnya di kantor Kemengkumham Perwakilan Sumatra Barat di Padanga.

Kita berhatrap dengan brand pariwisata ini mampu mendiorng percepatan lkemamuaj pariwisata di kabupayen Pasaman.

Kepada seluruh elemen diantaranya, penggiat wisata, UMKM dan ekraf agar turut mempromosikan logo tagline di tengah ,asyarakat. (Dim)







0 Komentar