Dosen UNP Padang Gelar Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Evaluasi Belajar Berintegritas Model Extenics Bagi guru SMA

 



Tanah Datar ( Indomen)- Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang mengadakan pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Evaluasi Belajar Berintegritas Model Extenics bagi guru SMA di Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar selama dua hari di SMAN 1 Kecamatan Rambatan .

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang guru yang berasal dari perwakilan SMAN 1 Rambatan dan SMAN 2 Rambatan.

Pelatihan ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang diketuai oleh Prof. Dr. Darmansyah, S.T., M.Pd. dengan beranggotakan Rahmi Pratiwi, M.Pd. (Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan) dan Resti Elma Sari, M.Pd. (Dosen PGPAUD).

Kegiatan pelatihan ini juga melibatkan dua orang mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan yaitu Reynanda Ardilla Madani dan Wike Farisa.

Ketua pelaksana Prof. Dr. Darmansyah, S.T., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan kepada guru bahwa perlu adanya upaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam mengembangkan bahan ajar digital yang lebih murah dan mudah diakses serta mengoptimalkan kemampuan merancang soal ujian yang dapat mengatasi kecurangan akademik.

“Semakin baik kesiapan guru dalam menyiapkan bahan ajar, maka akan semakin tinggi tingkat efektivitas pembelajaran yang dilaksanakannya karena konten pembelajaran dapat dipelajari oleh peserta didik melalui kesempatan dan waktu yang tersedia sesuai dengan kondisi individu masing-masing,"ujar Darmamsyah.

Selain itu, model yang digunakan dalam membuat rancangan soal yang mampu mengurangi kecurangan akademik adalah model extenics.

Model ini telah dibuktikan melalui penelitian tahun 2020 yang diterapkan di UNP dan diyakini penerapannya di SMA akan mencapai hasil yang sama.
Kepala sekolah SMAN 1 Rambatan mengatakan besar harapannya agar pelatihan yang diikuti oleh guru-guru dari SMAN 1 Rambatan dan SMAN 2 Rambatan bisa bermanfaat dan diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Selain itu Kepala sekolah juga berharap kerjasama dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat antara SMA di Kecamatan Rambatan Tanah Datar dan Universitas Negeri Padang bisa terus berlanjut di tahun berikutnya.(Darwis)

0 Komentar