Presiden Erdogan: Turki Siap Tengahi Perang Rusia Ukraina

 



Turki(Indomen)- Turkiye siap untuk sekali lagi membawa Ukraina dan Rusia ke meja perundingan. Hal ini diungkapkan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan, usai bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (4/9/2023).

Berbicara dalam pertemuan antara kedua pemimpin di Sochi, Rusia, Erdogan mengatakan bahwa negaranya “sebelumnya menjadi tuan rumah pembicaraan langsung antara pihak-pihak yang berkonflik,” seperti dikutip oleh TASS. Dia melanjutkan dengan menekankan bahwa Ankara “siap melakukan segala daya yang dimilikinya dalam masalah ini dan bertindak sebagai mediator.”

Dikutip RT, pada pertemuan itu, Putin menyalahkan Kiev atas kegagalan upaya perdamaian sebelumnya.

Putin mencatat bahwa meskipun “kesepakatan telah dibuat dengan mediasi presiden Turki [dan] rancangan dokumen yang disepakati antara delegasi Rusia dan Ukraina” pada musim semi lalu, Kiev pada akhirnya “membuang mereka ke tempat pembuangan sampah.” Mengomentari inisiatif perdamaian yang telah diusulkan sejak itu, kepala negara Rusia menyatakan bahwa tidak satupun dari inisiatif tersebut telah dibahas dengan Moskow.

Putin menyimpulkan dengan mengatakan bahwa Rusia tidak pernah menolak upaya mediasi apa pun, termasuk yang dilakukan oleh Tiongkok, negara-negara Afrika, dan Türkiye.

Kedua presiden membahas berbagai topik, termasuk pengembangan lebih lanjut hubungan bilateral dan inisiatif biji-bijian Laut Hitam, yang ditarik oleh Rusia pada Juli lalu.(O/IND)

0 Komentar