Bawaslu, Pimpinan Parpol dan Tokoh Masyaerakat Solok Selatan Deklarasikan Nagari pengawasan Pemilu Partisipatif

 



Solok Selatan.(Indomen)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan, bersama pimpinan Parpol beserta tokoh masyarakat mendeklarasikan Nagari pengawasan Pemilu partisipatif di desa wisata seribu rumah gadang, Rabu (15/11/2023)

Selain pengurus dan ketua partai politik (Parpol) di Solok Selatan, deklarasi ini juga menghadirkan sejumlah elemen masyarakat, Forum Pimpinan Kecamatan, Wali Nagari Koto Baru dan tokoh-tokoh adat di daerah Sarantau Sasurambi itu.


Terdapat 4 Point’ dalam deklarasi tersebut, yaitu:1. mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil..2. mewujudkan pemilu yang aman, tertib, berintegritas, tanpa hoax, politik sara dan politikuang.3.mewujudkan pengawasan pemilu partisipatif oleh masyarakat.4. berani melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Solok Selatan, Zul Nasri mengajak dan mengharapkan peran aktif, serta partisipasi masyarakat agar Pemilu 2024 berjalan aman, jujur dan berintegritas.

Dia menegaskan bahwa masyarakat tak perlu takut melaporkan ke Bawaslu, jika menemukan adanya pelanggaran Pemilu untuk ditindaklanjuti.

“Identitas pelapor kami lindungi sehingga masyarakat tidak perlu takut melaporkan kalau menemukan pelanggaran,” ujarnya. 

Terkait alat peraga kampanye (apk) yang sudah terpasang sebelum tahap kampanye katanya, Bawaslu sudah memberikan imbauan kepada Parpol di Solok Selatan untuk melakukan penertiban secara mandiri.

“Bila masih ada apk yang belum ditertibkan maka bawaslu bersama stakeholder terkait seperti Satpol PP, Dishub dan TNI-Polri akan melakukan penertiban,” ujarnya.

Dia menyebutkan, dalam waktu dekat akan melakukan rapat koordinasi dengan berbagai stakeholder untuk penertiban, dan SK tim sedang disusun.(Desri wahida/

0 Komentar