TPS Lapas Pariaman berdekorasi khas Minang semarakkan Pilkada Sumbar

 



Pariaman, (Indomen) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mendekorasi tempat pemilihan suara (TPS) dengan khas Minang yang dikhususkan untuk pemilih warga binaan.

"Kami ingin memberikan wajah baru pada Pilkada Sumbar di TPS 05 Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman," kata Kalapas Pariaman Edy Junaedi di Pariaman, Rabu.

Pada dinding TPS biasanya digunakan untuk dinding resepsi pernikahan khas Minangkabau serta topi yang digunakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara juga khas etnis Minang.

Ia mengatakan dekorasi tersebut dibuat untuk menyemangati warga binaan dan penyelenggara pemilihan umum di TPS Lapas Pariaman serta mamancing perhatian masyarakat di luar lembaga pemasyarakatan itu.

Ia menyebutkan setidak 226 dari 506 warga binaan di Lapas tersebut masuk ke dalam daftar pemilih tetap pada Pilkada Sumbar 2020 dengan rincian 219 laki-laki dan sembilan perempuan.

"Memang tidak semua bisa memilih karena ada sejumlah penyebab," katanya.

Ia menyampaikan penyebab tersebut yaitu banyak warga binaan yang bukan warga Sumbar lalu ada yang belum rekap KTP elektronik.

Ia mengatakan meskipun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil baik Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman melakukan pendataan beberapa hari yang lalu namun tidak bisa mengubah jumlah daftar pemilih tetap.

Ia menambahkan pihaknya baru mengetahui adanya perlombaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk TPS unik setelah tempat pemungutan suara di Lapas tersebut selesai dibangun.

Sementara itu Ketua KPU Pariaman Aisyah mengatakan pihaknya melombakan TPS unik untuk menyemarakkan Pilkada Sumbar dan meningkatkan minat pemilih untuk datang ke TPS.

"Namun tetap menerapkan protokol kesehatan karena sekarang masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Sejalan dengan itu, Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana bersama Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko bersama jajaran kedua instansi itu melaksanakan pemantauan terhadap TPS di Pariaman.

Pemantauan tersebut tidak saja di jalan utama di Pariaman namun juga TPS yang dekat dengan rumah sakit dan TPS Walikota Pariaman Genius Umar yang juga Calon Wakil Gubernur Sumbar memilih.

"Dari pemantauan kami memang TPS di Lapas yang unik," kata Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko mengatakan pihaknya mengerahkan 30 personel untuk pengamanan Pilkada Sumbar di Pariaman.

Selain itu pihaknya juga mengerahkan 145 personel untuk pengamanan Pilkada Sumbar dan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Padang Pariaman.(a.c)

0 Komentar