Tingkatkan Pelayanan Prima, Genius sidak Layanan di Dinas Dukcapil Kota Pariaman

 



Pariaman ( Indomen)- Dalam rangka meningkatkan Pelayanan Prima, di Kota Pariaman, Wali Kota Pariaman, Genius Umar sidak Layanan di Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil), bertempat di Kantor Bersama Pemerintah Kota Pariaman, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Rabu (15/2).

Sebelumnya, diakhir tahun 2022, Dinas Dukcapil Kota Pariaman meraih Penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori "Pelayanan Prima" Disdukcapil Kabupaten/Kota, yang diumumkan secara daring oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

“Karena kita telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat, hendaknya ini dapat terus kita pertahankan, yang tentunya dimulai dari semua petugas yang melayani,” ujarnya

Genius mengatakan bahwa setiap aparatur negara, harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dimana kita terus meningkatkan kompetensi dan berkolaborasi untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang berdaya saing, sehingga terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat, ucapnya.

“Jangan sampai ada warga yang tidak terlayani dengan baik, semua harus mendapatkan pelayan yang terbaik, sehingga masyarakat merasa senang dan terlayani,” tukasnya.

Pada kesempatan ini, Genius juga berbincang dengan para masyarakat yang sedang mengurus permohonan di Dinas Dukcapil Kota Pariaman, dan mereka menjawab bahwa mereka mendapat layanan yang baik dan prosesnya cepat.

“Saya juga tadi berbincang dengan ASN yang pindah domisili, dari Tanah Datar ke Kota Pariaman, dimana sebelumnya ia masih menggunakan KTP Tanah Datar, dan kita telah menginstruksikan agar seluruh ASN Kota Pariaman, harus mempunyai KTP Pariaman,” tutupnya.

Ada beberapa inovasi yang telah dibuat oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman, seperti Dukcapil DIGI (Dilayani dengan Genius) berbasis android, Lapak Online (Layanan Pengaduan Dokumen Kependudukan secara online), Rela Kerumah (Rekaman Langsung ke Rumah), Pelontar (Pelayanan orang-orang Terlantar), Satria Ajos (Sarana Layanan Kartu Indentitas Anak Antar Hemput Sekolah) dan Lagu Indang (Layanan Pengaduan Pindah Datang Warga), dan inovasi-inovasi lainya.(Syaf)

0 Komentar