Sekda Hansastri : Pemprov Sumbar Gelar Berbagai Kegiatan untuk " Semaraknya Ramadhan" Tahun 1444H/203 M

 



Padang ( Indomen)-  Pemprov Sumbar gelar berbagai kegiatan dalam rangka syiarnya  ajaran Islam pada Bulan suci Ramadhan 1444 H/ 2023 M. Dengan Tema Semarak Ramadhan, Pemprov Sumbar akan jalakan program  menurunkan Tim Safari Ramadhan, Pesantren Ramadhan untuk siswa SMA dan Setingkat, Kegiatan ajaran Islam di Mesjid Raya Sumbar,lounching Pemutaran Film "Buya Hamka disamping berbagai kegiatan Bazar dan  lainnya.

Hal ini disampaikan Sekda Pemprov Sumbar Drs. Hansastri dalam jumpa pers dengan sejumlah media cetak dan media online di  Kantor Dinas Kominfotik Sumbar ,Jum'at ( 24/3).

Dalam penjelasanya yang didampingi Kadis kominfotik Sumbar Siti Asiyah, Kadis Pendidikan Drs. Barlius, kadis Pariwisata Luhur Budianda, Kadis Kebudayaan  Syaifullah dan Kabiro Kesra Al amin,S.sos, Sekda Pemprov Sumbar Hansastri sangat berharap agar dengan kegiatan ini syiar Islam pada bulan suci ramadhan dan lebaran benar-benar semarak dan mendatangkan nilai tambah keimanan kepada umat Islam.

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Barlius menjelaskan bahwa pesantren Ramadhan akan digelar di seluruh Mesjid dan mushalla di semua Kab/kota dengan melibatkan 2600 mesjid dan 15.000 tenaga guru.

"Materi-materi yang diberikan saat pesantren Ramadhan seperti membaca Al-Qur'an, praktik wudhu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek, dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman,jelas Barlius.  Louncing Pesantren Ramadhan akan di gelar tanggal 27 Maret 2023 bertempat di Mesjid Raya Sumbar.

Sementara Kabiro Kesra Pemprov Sumbar Al Amin menyatakan bahwa untuk tahun 2023 ini Pemprov Sumbar anggarkan dana Rp 10,2  Miliar untuk  Tim safarI Ramadhan Pemprov Sumbar dan DPRD Sumbar.

"Mesjid yang dikunjungi tim Safari ramadhan akan mendapatkan bantuan Rp 50 juta/Mesjid,  Mesjid- mesjid tersebut akan dikunjungi oleh  Tim Safari ramadhan Reguler, Tim safari ramadhan Khusus ( Untuk Gubernur dn Wagub) dan Tim Safarai ramadhan DPRD Sumbar sebanyak 130 Mesjid,Kata Al Amin. Tiap kab/kota akan mendapat 3 mesjid untuk dikunjungi tim Safari ramadhan Reguler, dan juga ada 19 Mesjid yang dikunjungi tim Safarai Khusus.

Selanjutnya juga ada kegiatan Singgah Sahur pada 19 Kab/kota oleh Gubernur dan Wakil Gubernur,serta Rehab Rumah Tak Layak Huni..

Sementara Kadis Pariwisata Sumbar Luhur Budianda juga menjelaskan untuk kegiatan Semarak Ramadhan telah disiapkan berbagai kegiatan seperti "Atraksi wisata adalah salah satu aspek yang akan kami perbanyak sebagai strategi dalam mengembangkan pariwisata Sumbar," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda.

Ia menyebutkan atraksi wisata tersebut akan digelar langsung di destinasi wisata, seperti yang telah mulai dilakukan pihaknya dalam beberapa bulan terakhir. Termasuk menggelar berbagai Bazar dan pasar pasar Pabukoan di berbagai tempat.

Kadinas Kebudayaan Sumbar Syaifullh pada kesempatan itu menyatakan akan digelar Lonching atau pemutaran Film" Buya Hamka" pada tanggal 20 April 2023.

"Pemprov Sumbar berharap agar dengan kegiatan yagn telah disusun dan akan dijalankan ini syiar Ibadah Islam di Sumbar menjadi Semarak,dan kita semua mendapat rahmar dari Allah,"kata Siti Aisyah Kadis Diskominfotik Sumbar ( Aidil)


0 Komentar