Gubernur Mahyeldi Resmikan Mushala Darul Ilmi SMA N 1 Pariaman sebagai Pusat Penguatan Spiritual Parlajar

 



PARIAMAN ( Indomen)–Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meresmikan bangunan Mushala Darul Ilmi di kompleks Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pariaman, Kamis (18/1/2024). Gubernur menilai, keberadaan Musala di lembaga pendidikan sangat penting untuk mendukung pembinaan pelajar untuk menjadi generasi madani dan spiritual.

"Dengan memanfaatkan mushala sebagai pusat kegiatan Islami, kita berharap SMA N 1 Pariaman dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter Islami bagi siswa-siswi secara holistik," ucap Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Menurut Gubernur Mahyeldi, penguatan spritual adalah bagian terpenting di dalam pendidikan, karena bangsa Indonesia berlandaskan pada sila Ketuhanan yang Maha Esa, yang secara jelas dan nyata terangkum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Apalagi Sumbar mempunyai kekhasan dan kekhususan sebagai provinsi yang memiliki falsafah Adat Basandi Sarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), yang menjadikan Islam sebagai landasan utama dalam tata pola perilaku dalam nilai-nilai kehidupan," ujar Gubernur. 

Di samping itu, dengan keberadaan musala di sekolah, sambung Mahyeldi, diharapkan menjadi salah satu tonggak untuk meningkatkan spiritualitas masyarakat, khususnya bagi siswa-siswi dan warga sekitar SMA N 1 Pariaman. Aktifnya penggunaan mushala memberikan banyak manfaat bagi para siswa.

"Oleh sebab itu, karakteristik seperti ini harus terimplementasi dalam kehidupan dan keseharian masyarakat Minangkabau. Hal itu ditandai dengan memberikan perhatian serta prioritas yang dihadirkan dalam pendidikan," ucapnya lagi. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga berpesan kepada para siswa-siswi SMA N 1 Pariaman, untuk terus menghidupkan aktivitas di musala sekolah tersebut, dengan memanfaatkan fungsinya seoptimal mungkin, baik untuk beribadah hingga kegiatan akademik lainnya. 

"Belajar dan beribadahlah senyaman mungkin di musala, habiskan waktu untuk menggali ilmu, dan mengembangkan jati diri sebagai warga Indonesia yang memiliki karakter budaya Minangkabau," ajaknya. 

Selanjutnya tidak lupa Gubernur menyampaikan apresiasi Kepada Kepala SMAN 1 Pariaman, Ketua Komite, para Guru, dan Anggota DPRD Provinsi Sumbar Muhamad Ridwan, yang telah berupaya mewujudkan pembangunan mushala di sekolah tersebut.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar, Muhammad Ridwan, menambahkan musala tersebut dibangun berkat ide dari pihak sekolah untuk mendirikan mushala di lokasi yang strategis. "Dengan niat baik itu, maka saya mengalokasikan dana aspirasi secara bertahap. Untuk tahap pertama, Rp800 juta, dan tahap kedua Rp1 miliar," kata Muhammad Ridwan.

Di sisi lain, Kepala SMA N 1 Pariaman, Elfi Junaida, turut berharap agar setelah diresmikan oleh Gubernur, diharapkan penggunaan mushala tersebut dapat dioptimalkan dengan sebaik-sebaiknya. (Aidil/adpsb)

0 Komentar