Bakhdar Dt Rajo Magondang pimpin KAN Kanagarian Koto Tangah Batu Ampa

 


Limapuluh Kota --  (Indomen) -- Kepengurusa Kerapatan Adat Nagari  (KAN) Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa terbentuk diketuai Bakhdar Dt Majo Magondang dalam musyawarah niniak mamak Kenagarian tersebut be di kantor Wali Nagari Koto Tangah Batu Ampa Senin lalu. 


Hal itu disampaikan D. Dt. Malano.dalam salah seorang ninik mamak peserta musyawarah KAN tersebut dalam  keterangannya kepada media ini di di Tambun Ijuk kemarin. 

Ditambahkan dt Malano, pembentukan kepengurusan KAN itu merupakan tindak lanjut dari fakumnya kepengutusan,  dan meninggalnya ketua yang lama beberapa waktu lalu.. . 

Terbentuknya kepengutusan KAN diketuai B.Dt.Magondang, Sekretaris  M.dt. Magoga dan seksi lainnya diharapkan kefakuman kepengurusan selama ini dapat diatasi sehingga persoalan adat salingka nagari bisa dijalankan sesuai adat itu sendiri, harapnya. 

Sementara itu K.dt Banso dalam kedempatan terpisah menambahkan, kepengutusan KAN baru terbentuk saat ini sedang melengkapi kepengurusan seksi untuk diajukan dan disyahkan Eali Nagari. 

Justru itu kita berharap.ujarnya, Wali Nagari sesegera mungkin mengeluarkan SK, sehingga kepengutusan ini dapar melsksanakan tugasnya. Sudah barang tentu kita berharap sekalian mealokasikan anggaran dari anggaran nagari.

Diakui kedua ninik mamak ini, banyak.persoalan yang harus diselesaikan, antara lain persoalan tanah ulayst, persoalan sako jo pusako dan persoalan adat lainnya, terurama bagsimana mengimplementasikan ABS-SBK di tengah masyarakat yang katanya betadat, sementara persoalan dosial kemasyarakstan saat ini sudah jauh   dari adat itu sendiri. Intinya bagaimana kembali meminangkabaukwn orang minang, tegadnya dalam kedempatan itu. (mas).

0 Komentar