Pemasaran Kerajinan Kayu Jati di Kalimantan Barat

 

Oleh : Wasi’ul Hakim dan Ferdinal


Civitas Akademika Unand

 

  Menjadi salah satu distributor kerajinan kayu jati Tri Suwarno membuka toko kerajinan kayu jati asal Jepara untuk memenuhi kebutuhan  perekonomian keluarganya. “Memulai bisnis kerajinan jati ini sudah lama dipersiapakan, dari awal merintis usaha, pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut hingga sosial media telah digunakan untuk mempromosikan dagangan ini.”ujar beliau.

Kayu jati merupakan salah satu hasil hutan indonesia, penghasilan kayu jati ini menguntungkan para pengusaha untuk merintis usaha kerajinan jati, karena bisa diolah menjadi kerajinan dan furnitur, salah satu distributor lokal di kalimantan barat adalah Tri Suwarno. “sebab peminat dari kerajinan ini sangat banyak, hingga sekarang saya telah menjual hampir ke seluruh daerah di wilayah kalimantan barat.”ucap tri.

Strategi penargetan yang jelas, proposisi nilai, dan retensi pelanggan sangat penting bagi semua pengusaha. Pemasaran menjadi aspek penting sebagai cara mengetahui keinginan pasar dan untuk menentukan target pasar. Adapun jenis kerajinan jati yang sangat laris dipasaran menurut beliau adalah ukiran dinding, kursi, meja, dan toples, serta beberapa perabotan dapur.

Tri mengatakan karena di wiliayah kalimantan barat minim dijumpai komoditas kayu jati, sehingga  saat masyarakat mengetahui ada kerajinan dari kayu jati yang unik, minat terhadap kerajinan ini sangat tinggi, permintaannya pun sangat beragam,  oleh sebab itu saya ingin menjadi distributor lokal di wilayah Kalimantan Barat .

Pemasaran dan promosi dalam usaha ini perlu dikembangkan dan ditekuni agar bisa menyesuaikan kondisi dimasa pandemi ini. Pentingnya pemasaran online saat ini semakin meningkat, karena kita dapat mengamati perubahan dalam cara orang berkomunikasi dan juga dalam cara mereka menghabiskan waktu luang mereka. Menjadi salah satu distributor langsung dari jepara, jawa membuat permintaan yang banyak di kalangan masyarakat sebagai hiasan maupun barang unik yang disediakan.

 

Strategi pemasaran merupakan aspek penting dalam berbisnis, mengingat permintaan yang banyak dengan stok yang terbatas, beberapa memesan dengan sistem pre-order. Apa itu sistem pre-order? PO atau Pre-Order adalah sistem pembelian dalam dunia bisnis dimana barang yang diinginkan tidak bisa didapatkan atau tidak tersedia secara langsung dari penjual. “Sistem PO atau Pre-order ini menerapkan sistem pembayaran terlebih dahulu di awal sesuai dengan perjanjian antara penjual dan pembeli.”ungkapnya.

Adapula yang pemasaran dengan sosial media seperti, facebook, dan whatsapp grup. Melalui platform facebook mereka bisa mempromosikan kerajinan jati dengan unik dan deskripsi secara lengkap sehingga para pembeli atau pengguna facebook bisa melihat dengan jelas kerajinan tersebut, Manfaat Internet sebagai alat komunikasi media juga terletak pada kenyataan bahwa itu memungkinkan kita untuk menargetkan informasi yang disampaikan pada waktu yang ditentukan secara tepat segmen audiens (Roblek, 2015).  




 

Kerajinan ini mulai dijual di wilayah kalimantan barat sejak tahun 2014. Kesuksesan yang diraih beliau hingga sekarang dari yang awalnya hanya berdagang dirumah sangat membangun keinginannya untuk membuka toko, akhirnya di tahun 2020 tepatnya di bulan september beliau membuka toko di daerah kampung pasir, Mempawah, Kesuksesan tersebut selalu menantang dan membuat Tri ingin meraihnya, meskipun dalam beberapa kondisi mungkin ia bisa saja tidak mengerti bagaimana cara melakukan sesuatu hal untuk menggapai sukses dengan baik.

“Pada  masa pandemi kerajinan jati awalnya masih banyak permintaan, namun beberapa bulan kebelakang penjualan mengalami penurunan, penurunan ini disebabkan mungkin beberapa pelanggan kurang tertarik terhadap variasi kerajinan ini, beberapa lebih tertarik kepada barang yang lebih dibutuhkan terlebih dahulu, sehingga pasar kerajinan ini disampingkan.”ujar tri.

Kesuksesan haruslah ditebus dengan usaha yang begitu besar dan juga proses yang panjang. Tak ada yang mudah dan cepat, semua bisnis membutuhkan kerja keras dan juga perhitungan yang jelas kedepan. Hal ini sejalan dengan cara yang dilakukan Tri, beliau memulai usaha dengan giat dan sungguh-sungguh hingga saat ini pembeli yang datang tidak hanya dari wilayah kalimantan barat saja, melainkan wilayah sarawak, malaysia juga membeli kerajinan jati ini.

0 Komentar