Pasutri Briptu Yuni Karmila dan Bripka Surya di Antara Menjalankan Tugas dan Amanah

 

                Oleh :Jelita Susanti

Tubuh mungil Hasan tergolek lemah. Tak ada yang menyangka  dalam usia  enam bulan,putra tercinta pasangan Bripka Surya Putra dan Briptu Yuni Karmila Devi  mengalami sakit alergi Pernafasan. Pagi  itu Hasan  dengan tubuh letih dan layu harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Sebelumnya, sore hingga malam hari, pasangan suami istri dengan sepasang balita (Putri sulung dan putera yang  berusia  bulan) melakukan tugas mereka mengajak dan mengumpulkan warga sekitar tempat tinggal mereka di kelurahan Seberang Padang  Utara I kecamatan Padang Selatan,kota Padang untuk mengikuti Vaksinasi Covid 19.

“ Kami percaya dan bersedia ikut Vaksinasi covid sebagaimana yang diarahkan Ibu Devi dan pak Surya,karena kami yakin mereka mengajak kami untuk kebaikan dan  kesehatan kami juga seperti yang kami dengar baik di Televisi maupun dari pemberitahuan lainnya. Apalagi Ibu Devi dan Pak Surya adalah suami Istri orang kampung Seberang Padang ini yang sangat baik dan dapat kami percaya,kata Silvia seorang ibu muda yang ikut program Vaksinasi.

“Tak mungkin mereka  membuat susah  atau merugikan kami hanya karena memenuhi tugas mereka sebagai aparat kepolisian untuk menyealmatkan warga dari Wabah Virus Covid,”kata Yanti seorang Ibu dari Dua anak yang ikut program Vaksinasi setelah diberi arahan  Bripka Surya Putra dan Briptu Devi.

 Setelah Istirahat dan shalat magrib, dirumah sederhana  yang ditempatinya dengan kakak mereka Liza ,Pasangan suami istri ini berkumpul dan bercanda dengan sepasang putra putrinya ini.Malam itu semua berjalan dengan nyaman dan penuh canda.

Mujur sepanjang hari,malang sekejap mata,tiba-tiba saja Muhammad Hasan putera mungil  pagi pukul 08.00 wib terlihai lesu dan sulit untuk bernafas. " Setelah saya gendong dan saya perhatikan secara seksama, Hasan merengek dan tak mempunyai semangat untuk aktif bergerak,kata Devi. Kondisi ini lansung disampaikan kepada kakak mereka Liza yang juga tengah bermain bersama  putra putrinya.

Tanpa ragu dan tak mau terjadi hal-hal yang lebih fatal karena keterlambatan mengambil keputusan, Bripka Surya sang Papa Muhammad Hasan,langsung meminta sang Istri,Briptu  Devi untuk bergegas membawa anak mereka ke Rumah Sakit. Sementara Kondisi bocah laki-laki mereka ini semakin rewel dan letih.Pasangan suami istri ini,minta pamit pada kakak mereka pergi membawa bocah kecilnya ke Rumah Sakit pukul 19.00 Wib,dengan menitipkan Puteri mereka kepaa sang  kakak.

“Saya betl betul cemas dengan kondisi Hasan sang bayi kami,Seluruh tenaga saya seperti hilang,dan saya benar-benar cemas melihat Hasan yang semakin letih dalam pelukan saya,kata Devi dengan mata yang berlinang. Saya betul betul takut dengan kondisi ini,kata ibu muda yang takut terjadi hal-hal buruk kepada  bocah kecilnya.namun dengan ketenangan seorang aparat kepolisian Bripka Surya terus berusaha menenangkan sang istri,dan membawa kendaraan mobil mereka dengan cepta dan tenang ke Rumah Sakit.

Waktu setengah Jam yang benar-benar sangat menegangkan,karena  kurang dari setengah jam dalam perjalanan merekapun akhirnya sampai di rumah Sakit. Hermina yang berlokasi di Jl. Chatib Sulaiman Padang.Tanpa membuang waktu pasangan suami istri ini langsung membawa anak lelaki mereka tersebut ke ruang ICU untuk diperiksa.Gerak cepat juga dilakukan petugas kesehatan di ruang ICU RS.Hermina unuk memberikan pertolongan kepada bayi lelaki yang tergolek lemaht tak berdaya itu

Terserang Bronkitis Akut, ternyata penyakit inilah yang diderita sang bayi mungil Hasan, buah hati Briptu Yuni Kanmila Devi dan Bripka Surya. Dari diagnosa yang dilakukan dokter Bronkitis akut disebabkan oleh infeksi Virus. Viruus yang menginfeksi umumnya sejenis dengan Virus pilek dan Flu.Dan biasanya memang yang terkena penyakit ini adalah anak –anak dan Balita.Hal ini menyebabkan peradangan pada saluran nafas anak ( Bronkitis Akut). Penyebabnya oleh infeksi Bakteri,alergi,iritasi dari asap rokok,polusi dan debu.

Dengan cekatan dokter di RS.Herina Padang memberikan pertolongan medis saat itu juga.Sang mama briptu Devi benar-benar terguuncang melihat kondisi bayi mungilnya.Meski sang  mama seorang Polwan namun fitrah sebagai seorang ibu dan wanita,benar-benar diuji saat itu. Briptu Devi tak bisa menahan air mata yang menetes di pipinya melihat sang bayi mungilnya tergolek tak berdaya. “ibu tenangkan diri,dan kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk mengobati putera ibu,Kita sama sama berdoa kepada Allah,kata sang dokter memberi ketenangan kepada sang mama Briptu Yuni Karmila Devi.

Alhamduulillah setelah melakukan berbagai tindakan medis,kondisi sang bayi mungil Hasan,mulai terlihat membaik,dan sang bocah kecil mulai dapat bernafas dengan teratur. Sontak wajah cemas dan muram diraut muka sang Briptu Devi menjadi hilang dan  dengan penuh  pengharapan agar kondisi sang bocah kecilnya dapat pulih dengan normal.

Setelah melalui masa kritis dan kondisi Hasan mulai membaik,Briptu Devi dan sang Suami Bripka Surya kembali teringat dengan janji dengan warga sekitar di tempat tinggal mereka untuk mendata dan mensosialisasikan program vaksinasi Covid yang ditugaskan untuk mengkoordinirnya oleh Pimpinan mereka di Polda Sumbar.

Briptu Devi minta sang suami Bripka Surya untuk kembali kerumah karena sudah membuat janji dengan warga yang akan berkumpul  pukul 15.00 wib di rumah mereka untuk pendataan dan sosialisasi.Rauut kecemasan maih terlihat dari sepasang suami istri aparat kepolisian satuan Polda Sumbar ini. Namuun janji dengan warga sekitar dan tugas seorang aparat kepolisian hasrus mereka jalankan dan penuhi.

Luar biasa, warga sekitar dan warga yang ikut program vaksinasi ternyata masih menunggu dengan harap harap cemas kondisi bayi mungil ang dibawa ke rumah sakit.Alhamdulillah,kata warga serentak ketika mendapatkan kabar Bripka Surya bahwa kondisi Bayi mereka sudah dapat ditanggulangi dengan baik oleh Dokter. Ternyata dibalik kesusahan yang mereka hadapi ,ada kabar gembiar yang mereka dapat. Dimana para peserta Vaksinasi warga setempat, tetap akan ikut Vaksinasi ke Polda Sumbar pada hari Sabtu(18/12), meski Briptu Devi sedang mengurus bayinya yang harus diopname di rumah sakit Hermina. Tetapi sang papa, Bripka Surya tetap mengambil kebijakan akan mendampingi warga yang akan vaksinasi ke Polda Sumbar.

“ Ini pelajaran yang berharga dan pengelaman yan luar biasa, kami berada diantara duua kewajiban,yakni kewajiban menjalankan amanah dari Allah untuk menajaga anak,dan kewajiab sebagai aparat kepolisian Polda Sumbar untuuk menjalankan tugas sosialisasi  dan engajak warga untuk Vaksinasi Covid,kata Briptu Yuni Karmila Devi dengan lirih.

Ternyata bila kita sabar dan ikhlas menghadapi berbagai ujian hidup ini,maka  dibalik kesusahan dan ujian itu ada hikmah dan kemudahan yang diberikan Allah. Alhamdulillah saat ini Kondisi sang bayi mungil Hasan sudah sangat kondusif, sementara  tugas menjalakan program Vaksinasi kepada warga sekitar berjalan dengan lancar.

0 Komentar