Warga Korban Angin Puting Beliungdi Korong Rimbo Talang Sintuak, Dibantu Bupati Padang Pariaman.

Warga Korban Angin Puting Beliungdi Korong Rimbo Talang Sintuak, Dibantu Bupati Padang Pariaman.

Jumat, 13 Mei 2022



padang Pariaman ( Indomen) ,- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur tinjau langsung kondisi korban musibah rumah yang ditimpa pohon dan memberikan bantuan kebutuhan logistik, pada Rabu (11/5) lalu. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka penanganan masa tanggap darurat, pasca musibah angin Puting Beliung. 

Angin kencang sehari menjelang lebaran (malam takbiran) itu, merusak beberapa rumah warga di Kabupaten Padang Pariaman. Salah satunya rumah yang dikunjungi Bupati Padang Pariaman adalah milik Nia (55 th) warga Korong Rimbo Talang Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman. Hal tersebut, disampaikan Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Ramadhanil kepada media di kantornya, pada Jum'at (13/5).

Dalam kunjungannya, Bupati Padang Pariaman didampingi oleh Kabag Prokopim Setdakab Padang Pariaman Anesa Satria, SH.MM, Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Padang Pariaman Suhatman, S.Pd, M.Si. beserta Tim, Camat Sintuak Toboh Gadang Asyari, S.Pd, Wali Nagari Sintuk Desrial, S.Pd, Wali Korong Rimbo Talang Jekri beserta Koordinator PKH Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Imrizal, S.Pt.

Diketahui, sebelumnya terjadi angin kencang melanda beberapa bagian wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Yang menyebabkan tumbangnya beberapa pepohonan. Sehingga menimpa beberapa rumah warga dan tidak menimbulkan korban Jiwa maupun luka-luka.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan pesan. Bahwa musibah yang melanda ini bukanlah dikehendaki, namun karena ini merupakan sebuah takdir yang tidak bisa kita elakan. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap warganya, Bupati Padang Pariaman menyerahkan bantuan logistik berupa kebutuhan harian untuk penanganan masa tanggap darurat kepada korban.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten terhadap kejadian yang menimpa. Sebagai bentuk kepedulian, kami membawa bantuan untuk penanganan darurat pasca bencana. Musibah yang terjadi saat ini bukanlah kita kehendaki, namun merupakan takdir bagi korban. Semoga dibalik semua kejadian ini, ada hikmahnya yang bisa kita petik dan untuk kedepannya tentu kita harus tetap waspada“ tutur Bupati yang lebih akrab disapa dengan Aciak ini.

Bupati Suhatri Bur juga berharap, dalam penyerahan bantuan ini jangan dilihat dari nilai dan jumlah barang yang diserahkan. Karena, jika dilihat dari jumlah dan nilai barang yang diserahkan tidak akan sebanding dengan nilai kerugian yang diderita si korban. 

“Pada kesempatan ini, Pemerintah Daerah hadir dalam memberikan bantuan. Akan tetapi mohon jangan dilihat dari jumlah dan nilai barangnya, tapi ini adalah bentuk kepedulian dan rasa keprihatinan kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Semoga dunsanak yang jadi korban tetap kuat dan semangat, dalam menjalani kehidupan kedepannya” ujarnya mengakhiri.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas Sosial P3A) Kabupaten Padang Pariaman Suhatman, S.Pd, M.Si didampingi Kabid Pelindungan dan Jaminan Sosial Nasmi Panala, SH, M.H berharap. Agar bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan harian, menjelang pulihnya kondisi mental dan ekonomi korban musibah pasca terjadinya bencana. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan sosial lainnya.

"Setiap adanya bencana yang menimpa warga Kabupaten Padang Pariaman, kami dari Dinas Sosial P3A Kabupaten Padang Pariaman selalu siap siaga dan terus memberikan layanan tanggap darurat serta kontribusi untuk warga. Berupa Layanan Dukungan Psikososial (LDP) serta bantuan logistik dalam masa tanggap darurat" jelas Suhatman.

Dikatakan, dalam beberapa hari pasca terjadinya bencana, tentu korban merasa trauma. Dengan demikian, diyakini korban sangat membutuhkan bantuan dasar sampai kondisinya berangsur normal.

Dihari yang sama, penyerahan bantuan logistik oleh Dinsos P3A juga dilakukan untuk korban bernama Sarunai (71 th) yang rumahnya ditimpa pohon yang beralamat di Korong Kabun Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih. 

Penyerahan bantuan ini, dihadiri oleh Pejabat Fungsional Kebencanaan Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial P3A Kabupaten Padang Pariaman Ali Aripin, S.Sos, MM, Camat Ulakan Tapakih Emri Nurman, S.STP, MM, Sekretaris Camat Ulakan Tapakih Yusrizal, Wali Nagari Tapakih Soni Aprison, S.Pd, Wali Korong Kabun Zul Afrizal, S. Sos, dan Ade Zulfadli anggota TAGANA Kabupaten Padang Pariaman. (Release/SFR)

Ekonomi