Petani Bersyukur , Pemkot dan DPRD Bukittinggi serahkan 11 Unit Alsintan

 



Bukittinggi ( Indomen)- Bila DPRD dan Pemerintah darah di suatu tempat setuju dengan satu program pembangunan unuk rakyat, maka dapat dipastikan masayarakat kota itu akan merassakan hikmah dan nikmatnya. Hal ini terbukit,ketika Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat bersama Anggota DPRD daerah setempat menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun anggaran 2022 pada kelompok tani.


 Cukup Signifikan,11 unit alsintan itu terdiri dari becak motor 2 unit, mesin potong rumput 3 unit, hand traktor 4 unit dan power tresher 2 unit.

Acara penyerahan bantuan secara simbolis di Balai penyuluh pertanian,Bukittinggi Selasa(2/8), yang merupakan realisasi dari hasil Musrenbang dan Reses Anggota DPRD tahun sebelumnya.

“Bantuan ini tentunya diharapkan dapat dimaksimalkan bagi para pelaku pertanian dalam mengelola usaha mereka dan kami berharap, ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang, untuk lebih memaksimalkan perhatian bagi para pelaku pertanian kita di Bukittinggi. Bantuan ini tentunya diharapkan dapat dimaksimalkan bagi para pelaku pertanian dalam mengelola usaha mereka,” kata  Walikot Bukittinggi Erman.

 Pada kesempatan ituu Wako juga menyampaikan, rencana Pemkot, beberapa lahan pertanian di Bukittinggi, akan dikolaborasikan dengan bidang pariwisata sehingga dua sektor ini nantinya bisa saling menguntungkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar  sangat mengapresiasi perhatian Anggota DPRD Bukittinggi terhadap bidang pertanian. Alat pertanian ini setiap tahun dianggarkan oleh Anggota DPRD.

"Bantuan alsintan ini merupakan realisasi dari hasil musrenbang dan reses Anggota DPRD tahun 2021, setelah dianggarkan, pada tahun anggaran 2022 ini 11 bantuan alsintan dapat diberikan pada kelompok tani di Bukittinggi," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Melwizardi.

Alat Mesin Pertanian tersebut merupakan kebutuhan masyarakat yang disampaikan melalui surat permohonan dari kelompok tani di Campago Badunsanak Kelurahan Campago Guguk Bulek, Poktan Surian Saiyo Kelurahan Pulai Anak Air, Poktan Maju Basamo Kelurahan Koto Salayan.

"Juga dari Poktan Parak Tanjuang Kelurahan Garegeh, Poktan Usaha Bersama Kelurahan Kubu Tanjuang, Poktan Maju Basamo Kelurahan Pakan Labuah, Poktan Lubuak Basuik dan Poktan Lubuak Berlian Kelurahan Campago Guguk Bulek," kata Melwizardi.

Ia mengatakan Alsintan itu terdiri dari pokir Beny Yusrial berupa 1 unit hand traktor, Rusdy Nurman berupa 1 unit hand traktor, Dedy Fatria berupa 1 unit hand traktor dan Noni memberikan bantuan berupa 2 unit becak motor dan 2 unit mesin potong rumput.

"Sementara dari hasil musrenbang diberikan bantuan berupa 1 unit mesin potong rumput 1 unit hand traktor dan 2 unit power thresher,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, Rusdy Nurman, bersama Anggota DPRD, Dedi Fatria dan Noni, menyampaikan, ini momentum bagaimana DPRD bersama dengan Pemko Bukittinggi juga memberikan perhatian yang sungguh sungguh pada sektor pertanian.(SFR)

0 Komentar