Wujudkan Bukittinggi Hebat lewat ABS-SBK Wako Erman Safar Wajibkan pelajar SD dan SMP Pakai Pakaian Daerah

 



Bukittinggi ( Indomen)- Satu kebijakan dalam rangka membudayakan pakaian daerah di lingkungan pendidikan Kota Bukittinggi dan wujud implementasi dari visi Kota Bukittinggi 'Menciptakan Bukittinggi Hebat, berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah' di bidang pendidikan,"keblai dijalankan di dunia Pendidikan kota Bukittinggi.

 Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mewajibkan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu mengenakan pakaian daerah di hari belajar.

Dijelaskan Wako Erman Safar, Jum’at ( 5/8) bahwa dengan diterbitkannya surat edaran mewajibkan pelajar menggunakan deta (penutup kepala) dan sergama batik kepada pelajar laki-laki setiap Rabu dan Kamis serta pakaian daerah ke seluruh siswa setiap Jum'at.

Edaran Wali Kota Bukittinggi No. 420/1243/Disdikbud-P.Dikdas.c-Bkt/VII-2022 tentang Penggunaan Pakaian Daerah di Lingkungan Pendidikan Kota Bukittinggi tertanggal 29 Juli 2022.

Penggunaan deta, pakaian batik dan pakaian daerah bagi siswa di Bukittinggi itu dalam rangka membudayakan pakaian daerah di lingkungan pendidikan Kota Bukittinggi.

Dalam instruksi itu, ia menjelaskan pakaian daerah diseragamkan dengan ketentuan baju Taluak Bulango lengan panjang dengan motif terawang biaro sulaman warna hitam dan memakai Deta hitam bagi pelajar laki-laki.

"Juga menggunakan celana panjang batik, memakai sandal Datuak dan untuk siswa Non Muslim menyesuaikan dengan pakaian seragam di sekolah masing-masing," jelas Wako lagi

Sedangkan bagi siswi memakai baju kurung basiba warna hitam dengan motif bordir kerancang atau sulaman, rok panjang waflla hitam, jilbab atau kerudung berwarna hitam, memakai sandal Bundo Kanduang dan untuk siswi Non Muslim menyesuaikan.

Penggunaan pakaian daerah ini digunakan mulai tahun pelajaran 2022-2023 hingga seterusnya dan diwajibkan terhadap semua siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta.(SFR)

0 Komentar