Bawaslu Dharmasraya Lakukan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada para tokoh masyarakat,




 Dharmasraya( Indomen) - Dalam rangka Pemilihan Umum serentak 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya melakukan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kepada para tokoh masyarakat, ninik mamak, relawan dan media, Sabtu 27/05/2023 di Hotel Sakato Jaya Pulau Punjung

Ketua Bawaslu Dharmasraya Syamsurizal dalam sambutannya mengatakan, menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu berkoordinasi dan kerja sama dengan mitra-mitra strategis dalam rangka pengawasan partisipatif.

Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Bawaslu dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan, dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“kita sadar bahwa Bawaslu tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personel, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan,”ucap Syamsurizal.

Ada ruang yang tidak dijangkau penyelenggara, ini mungkin bisa di jangkau pihak lain maka sinergisitas dengan semua pihak itu penting, imbuhnya.


Pihaknya berharap  kegiatan ini memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan, mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik. “Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” ungkapnya.

Syamsurizal juga menjelaskan, sengaja kita datangkan dua orang narasumber  pertama Vifner SH MH, Pegiat Pemilu mantan anggota Bawaslu Sumatera Barat dan Feri Rizal MH, dari akademisi dan JPPR, yang akan menyampaikan informasi terkait mekanisme pengawasan pemilu, tugas, dan anggung jawab Bawaslu. Serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga integritas Pemilu.

"Mari kita bersama-sama menjaga integritas pemilu," harapnya.

Dalam sosialisasi tersebut Bawaslu juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertanya dan berdiskusi mengenai pemilu sekaligus memberikan masukan dan saran kepada Bawaslu.

Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan hak suaranya serta turut menjaga keberlangsungan demokrasi di Ranah Cati Nantigo ini.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pengawasan pemilu dan bagaimana peran mereka dalam menjaga integritas pemilu,” tutunya.(Sutan)

0 Komentar