Gunung Ile Lewotolok di NTT, Kembali Meletus, Tinggi Kolom Abu Capai 600 Meter




 FLORES TIMUR, (Indomen) - Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus pada Sabtu (6/5/2023) pukul 05:54 Wita. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 36.3 milimeter dan durasi kurang lebih 42 detik. "Terjadi satu kali letusan dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak," ujar Kepala Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian, dalam keterangannya, Sabtu pagi.

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Sementara pada periode Jumat (5/5/2023), kata Stanislaus, terjadi 71 kali letusan dengan tinggi 300-400 meter dan warna asap putih dan kelabu. Letusan disertai gemuruh atau dentuman lemah hingga sedang. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100-400 meter di atas puncak kawah. "Pada periode ini terjadi satu kali gempa guguran tetapi masih di dalam kawah utama," ujarnya.

Stanislaus menambahkan, aktivitas gunung Ile Lewotolok masih level II waspada. Warga maupun wisatawan dilarang memasuki dan melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari pusat aktivitas.(K/Ind)

0 Komentar