KPK Ingin Penjarakan Koruptor di Nusakambangan, Wapres: Supaya Mereka Jera!

 



TERNATE(Indomen) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut merespon Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin menempatkan narapidana kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Diharapkan dengan ditempatkannya napi korupsi di Nusakambangan, KPK bisa memberikan efek jera.

Usul dari KPK itu kan intinya itu untuk membuat para koruptor itu jera, itu kan, sehingga ada usul di-Nusakambangan-kan karena adanya faktr-faktor lain,” kata Wapres usai menghadiri acara di Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (12/5/2023).

Diketahui, KPK juga telah melakukan kajian terkait tata kelola Lapas di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian KPK, koruptor perlu ditempatkan di lapas khusus seperti Nusakambangan agar memberikan efek jera. Sebab, Nusakambangan merupakan lapas yang paling ditakuti.

“Saya kira bisa dibicarakan, artinya apa memang untuk membuat jera itu satu-satunya cara dengan me-Nusakambangan-kan? Atau mungkin dari sistem hukumnya sendiri, pelaksanaan hukumannya,” kata Wapres.

Lapas Nusakambangan sendiri berada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Nusakambangan memang terkenal sebagai pulau tempat penjara yang paling mengerikan di Indonesia.(O/Ind)

0 Komentar