Jika Pilkada ditengah Pendemi Covid, Alirman Sori : Demokrasi Jangan Abaikan Keselamatan Jiwa Masyarakat




Padang (Indomen)Anggota DPD RI Alirman Sori menegaskan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 di tengah pandemi Covid-19 menimbulkan pro kontra. 


Hal itu disampaikannya pada saat Sosialisasu Empat Pilar MPR RI di Padang, Sumatera Barat, Rabu, 23 September 2020.
Pasalnya, banyak pihak yang meminta pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk menunda pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

Mengingat, katanya, kondisi saat ini bangsa Indonesia sedang berperang melawan pandemi Covid-19. Perang dengan makhluk yang tidak jelas wujudnya dihadapi.

Namun demikian, ada sebagian pihak berpandangan, Pilkada tak perlu ditunda karena belum pastinya soal vaksin corona.

Di Sumatera Barat sendiri, katanya, hampir tak ada lagi daerah dengan kategori zona hijau saat ini. Bahkan Kota Padang termasuk zona merah.
"Hampir semua daerah di Sumatera Barat, tidak ada lagi zona hijau. Malah di Kota Padang, sudah zona merah," katanya.

Menurut Alirman, pro kontra yang ada tersebut jangan sampai memecah belah persatuan bangsa. Untuk itu, persoalan tersebut harus dicarikan solusinya.

Alirman Sori menekankan bahwa demokrasi harus memenuhi nilai-nilai kemanusian. Jangan sampai pelaksanaan demokrasi mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan tersebut.

"Pilkada disaat pandemi ini, menimbulkan pro kontra yang harus diselesaikan dan dicarikan solusinya. Sebab, bagaimana pun juga, demokrasi harus memenuhi nilai-nilai kemanusiaan itu sendiri," cakapnya.(dil)

0 Komentar