Polres Pasbar Gelar Razia Operasi Yustisi "Prokes Covid"

 



Simpang Empat, (Indomen) - Kembali 55 orang pengguna jalan terjaring razia operasi yustisi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid di sekitar bundaran Simpang Empat, Minggu(6/6).

Razia yustisi itu dilakukan oleh 15 personil gabungan dari Satuan Intel, Satuan Sabhara dan Satuan Lalu-Lintas Kepolisian Resor Pasaman Bara(Pasbar).

"Operasi ini dilakukan rangka penegakan Peraturan Daerah Provinsi Sumbar No 6 tahun 2020 dalam penerapan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kepala Satuan Sabhara AKP Yulandi di Simpang Empat, Minggu(6/6).

Ia mengatakan operasi itu dilakukan terhadap kegiatan masyarakat pengguna jalan dan masyarakat yang aktivitas ke pasar dan tempat pariwisata.

Menurutnya operasi yustisi yang digelar menyasar warga masyarakat yang belum juga patuh akan prokes khususnya memakai masker di kawasan bundaran Simpang Empat yang bertepatan dengan hari pasar di lokasi setempat.

"Dari pelaksanaan kegiatan itu terjaring 55 pelanggar prokes tidak menggunakan masker," katanya Terhadap warga yang terjaring itu dikenakan sangsi sosial sesuai Perda No. 6 tahun 2020.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menekan penyebaran COVID-19.

Selain melakukan razia, tim juga membagikan masker kepada masyarakat dan pengguna jalan dalam rangka penerapan protokol kesehatan.

Apalagi, sebelumnya pada Jumat (4/6) jajaran Polda Sumbar menggelar rapat Anev COVID-19 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto.

Kapolda menyampaikan bahwa saat ini penyebab terjadinya peningkatan kasus positif COVID-19 di Sumbar diantaranya adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran wabah.

"Potensi kerumunan yang masih terjadi di area publik, ketidakpatuhan masyarakat kepada protokol kesehatan, dan masih ada ketidakpercayaan masyarakat menjadi penyebab utama," kata Kapolda.

Berdasarkan arahan pimpinan itulah razia oparasi yutisi terus akan dilakukan di berbagai wilayah di Pasaman Barat. (Lailatul Aidil)

0 Komentar