Bupati Khairunas : Melalui MTQ Nasional ke-40 Sumatera Barat, Kita Tingkatkan Imtaq dan Ekononomi Masyarakat Solsel

 

 Suasana Gempita MTQ Nsional 40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan


Solok Selatan- (Indomen)  Kabupaten Solok Selatan adalah Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Solok, untuk itu, Solok Selatan akan berupaya dan berjuang sebagai Kabupaten yang Mandiri, "Maju bersama Sejahtera Untuk Semua"

Mengawali gelaran MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan,Telah terlihat pancaran ceria dari ribuan wajah masyarakat Solok Selatan, ini terbukti ketika masyarakat mengiringi pawai ta'aruf bersama perwakilan dari seluruh kafilah peserta MTQ, Pawai ta'aruf ini merupakan bagian dari rangkain  pembukaan MTQ Nasional 40 Tingkat Sumatera Barat yang digelar di Solok Selatan.


Gubernur Sumbar Mahyeldi Saat memberikan Sambutan Pada Acara Pembukaan MTQ Nasional 40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan 



MTQ Nsional 40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan secara resmi di buka lansung oleh Gubernur Mahyeldi, Opening Ceremory MTQ dilaksanakan di GOR Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Pada acara Pembukaan ini diikuti 19 kafilah dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat,  Gubernur Sumbar Mahyeldi berharap semoga ini dapat untuk melestarikan budaya islam, terutama dalam hal membaca dan memahami Al Quran, mudah-mudahan MTQ ini akan menhadirkan sinergi, kolaborasi dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota bersama masyarakat diseluruh negeri, Ungkap Mahyeldi.



Bupati  Solok Selatan H Khairunas dan Wabup H. Yulian Efi  Bersama memegang Ttropy Juara Umum MTQ Naional Tingkat Sumbar yang akan diperebutkan tahun 2023.



Bupati H Khairunas, berbangga dan ucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur begitu juga kepada LPTQ serta jajaran yang telah percayakan Solok Selatan jadi tuan rumah MTQ ini, Alhamdulillah, hampir 20 Tahun Kabupaten Solok Selatan mekar, baru untuk pertama kalinya melaksanakan even besar yang dikunjungi ribuan orang yang pengunjung, tentunya ini bisa meningkatkan  Iman dan Taqwa ( Imtaq) serta ekonom Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan masyarakat Solok Selatan pada umumnya, Kata," Khairunas.

H. Yulian Efi selaku ketua LPTQ Solok Selatan, Dalam laporannya menyampaikan MTQ Nasional ke XL tingkat Provinsi Sumatera Barat ini dilaksanakan dengan 13 cabang lomba yang diikuti oleh 1.149 orang peserta.

"Yang mana sebanyak 13 Cabang lomba. Dan diikuti oleh 19 Kabupaten Kota di Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 1.149 orang, Kata," Yulian Efi dalam laporannya di GOR Rimbo Tangah saat pembukaan MTQ Nasional ke 40 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

 Wagub Sumbar  Audy Joinaldi dan Bupati Khairunas



Semua Cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ini adalah Cabang Seni baca Al Qur’an, Cabang Tartil, dan Cabang Qira’at. Kemudian Cabang Tahfidz, Cabang Tafsir, Cabang Fahmil Qur’an, dan Cabang Syarhil Qur’an, kemudian juga dilanjutkan dengan Cabang Kaligrafi, Cabang Khutbah Jum’at dan Adzan, serta Cabang Kitab Standar. 

"Selanjutnya Cabang Karya Tulis Ilmiah, Cabang Tahfizd Hadits, dan terakhir Cabang Tartil Exekutif. Terang,Yulian Efi, yang juga merupakan Wakil Bupati Solok Selatan sekaligus Ketua Umum MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Selasa malam (12/12-2023)

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumatera Barat terus melakukan berbagai perkembangan dan inovasi dalam penyelenggaraan MTQ. Sinergi antar elemen juga dilakukan untuk menyukseskan acara guna mendukung penyelenggaraan acara dengan hasil yang terbaik, Seluruh upaya tersebut ditujukan sebagai seremonial dan untuk teris mengimplementasikan nilai Al-quran dalam kehidupan sehari-hari, Kata," Ketua LPTQ Sumbar, Audy Joinaldy.
Suasana pembukaan MTQ Nasional Ke XL tingkat Sumbar di Solsel yang sangat meriah.




Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dalam sambutannya pada Opening Ceremony MTQ mengatakan,ini merupakan kehormatan besar dari Pemprov Sumatera Barat kepada Pemkab Solok Selatan dan juga masyarakat Solok Selatan yang dipercaya sebagai penyelenggara MTQ Nasional ke XL tingkat Sumatera Barat,

"Ini tentunya merupakan tantangan bagi kita masyarakat Solok Selatan dan kita buktikan kita pasti bisa, kita mampu melaksanakan kepercayaan yang diberikan kepada kita masyarakat Solok Selatan, Kata," Zigo.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat mengharapkan dari MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan ini bisa menghasilkan kafilah terbaik Sumatera Barat yang akan mengharumkan dan mewakili nama Provinsi Sumatera Barat pada ajang MTQ Nasional 2024 yang menurut rencana akan digelar di Kalimantan Timur nantinya, Kata," Kakanwil Kemenag Sumatera Barat DR. H. Mahyudin.

MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang digelar di Solok Selatan ini berlansung 11 Desember, kemudian Closing Ceremony pada 18 Desember 2023 nanti. (Desri Wahida)

0 Komentar