Dipimpin Drs. Yefrinaldi.MM, TSR VI Kab. Dharmasraya Kunjungi Jemaah Mesjid Almahmuda Nagari Simalidu




 Dharmasraya (INDOMEN) - Tim VI Safari Ramadhan (TSR) kabupaten Dharmasraya yang di Ketuai  Drs. Yefrinaldi.MM, yang juga merupakan asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah kabupaten Dharmasraya, 

ini adalah kunjungan kedua setelah sebelumnya TSR VI menyambangi Jamaah Masjid Nurul Huda Nagari Kurnia Koto Salak Kecamatan Sungai Rumbai.

Hari ini, Jum'at 22/03/2024, TSR juga menyapa  jemaah Masjid Al Mahmudah, Jorong Salam Baru Nagari Simalidu, kecamatan Koto Salak, Nagari tersebut merupakan  Daerah yang paling Unjung sekali dari kabupaten ini, yang berbatasan lasung dengan Provinsi Jambi.

Mengawali sambutannya Wali Nagari  Simalidu  Saleh, menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur atas kehadiran Tim VI Safari Ramadhan kabupaten yang telah Sudi datang menyapa  dan berdialog dengan masyarakat Nagari Simalidu, sebut Saleh.

"Kami mewakili masyarakat Nagari Simalidu mengucapkan terima kasih kepada pemeritahan daerah, yang telah mengirim tim safari Ramadhannya ke tempat kami ini," ucap wali Nagari yang murah senyum itu.


Pada kesempatan ini atas nama pemerintah Nagari izinkan kami meminta bantuan kepada pemerintah Daerah Melalui Ketua Tim VI TSR, untuk dapat memperbaiki jalan dari simpang Simalidu sampai ke Sekolah SMP, kiranya dapat  di perlebar jalan poros tersebut, satu meter kiri dan kanan yang panjangnya lebih kurang 5 kilometer, yang patut segera dibenahi, pinta  Saleh.

"Sudah 5 tahun belakangan ini jalan poros ini belum perna tersentuh untuk diperbaiki,
hampir setiap Musrenbang di usulkan, akan tetapi pintak kami ini, sampai sekarang belum tampak  tandanya akan diperbaiki, untuk itu kami mohon kepada pak  ketua TSR untuk menyampaikan permohan masyarakat ini", mohon Wali Simalidu.


Disampinitu itu yang tak kalah pentingnya yang menjadi prioritas sekali, bagi warga Nagari Simalidu tetang pupuk, karena beberapa tahun belakang ini, untuk mendapatkan pupuk subsidi sangat sulit dan langka sekali, karena kehidupan masyarakat Simalidu pada umumnya adalah petani bercocok tanam, sebut Wali Saleh melalui mimbar ini menyampaikan kepada ketua TSR VI, tolong kami untuk mendapatkan pupuk subsidi, menutup pembicaraannya.


Dalam Mengawali kata sambutannya ketua tim VI TSR Yefrinaldi mengatakan, yang disampaikan melalui kepala Badan Keuangan Daerah pada tahun ini pemerintah kabupaten Dharmasraya menurunkan 17 tim safari Ramadhan  ke Masjid di 52 Nagari yang tersebar di bumi mekar ini.

Kehadiran Tim Ramadhan kabupaten menyambangi jama'ah Masjid agar dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat supaya dapat menjadi kekuatan, untuk selalu bersinergi membangun Dharmasraya yang lebih baik.

Disamping itu Bupati Dharmasraya Sutan Riskan Tuanku Kerajaan mengimbau masyarakat. Sebentar lagi kita akan membayar zakat fitrah, untuk itu pintak  Bupati bayarlah zakat, Infaq Sedekah melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) karena badan tersebut adalah badan resmi yang dibentuk oleh pemerintah, melalui UU No.23 tahun 2011 adalaḥ Lembaga Negara yang bersifat independen yang ditugaskan untuk Mengelola Zakat Infak Sedekah (ZIS) Sementara di Kabupaten Dharmasraya, BAZNAS diatur melalui Perda No.3 tahun 2018. Pada pasal 4 dan Perbup No.119 tahun 2018 Pasal 2 mengatur zakat yang di kelola oleh Baznas, disamping Zakat harta juga termasuk zakat fitrah.

"Pada Ramadhan 1445 H tahun ini kami menghimbau para jamaah dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas dan akan disalurkan kepada yang berhak menerima bantuan. Mari kita tingkat zakat dan amal ibadah kita untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt",sebutnya


Tim VI Safari Ramadhan juga membawa sejumlah paket bantuan dari pemerintah daerah, terdirai uang tunai 10 juta , al qur'an  dan tikar sholat , yang di serahkan langsun ketua tim VI TSR dan disaksikan oleh Sekcam Mag Cari, walinagari Saleh serta jama'a sholat taraweh dan setelah itu ditutup dengan tausiah berupa santapan rohani yang disampaikan ustadz Irfan Rahman,Lc. (Sutan)

0 Komentar