Jalan Padang Panjang-Solok Tertutup Longsor, BPBD Kabupaten Solok Turun ke Lokasi

 



Kabupaten Solok,(Indomen) - Jalan lintas nasional Padang Panjang-Solok tertutup longsor tepatnya di tonggak Tujuah Jorong Tembok, Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Akibatnya, jalan lintas yang berada pinggir Danau Singkarak itu terputus.Sabtu (23/03)

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi mengatakan,ia dan personelnya sudah berada di lokasi longsor.

Dijelaskannya, longsor terjadi Pukul 09.00 WIB pada Sabtu (23/3/2024). Material longsor menutup badan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

“Ini diduga faktor hujan deras dari malam atau dini hari hingga pagi. Dan menyebabkan tanah di lokasi longsor. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, tapi ada kedai kecil yang berada di pinggir danau yang terdampak,”ucap Irwan Efendi.

Diungkapkannya, pihaknya berusaha membersihkan material. Namun, karena material yang cukup besar dan jalan tersebut kategeri nasional maka ia juga berkomunikasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN).

“Kami sudah koordinasi dengan BPJN, dan alat beratnya sudah menuju ke lokasi dari Padang Panjang. Untuk sementara terjadi kemacatan panjang di jalan lintas ini,”ucapnya.


Irwan mengatakan, ada jalan lain yang bisa dilalui oleh pengendara yakni jalan lingkar danau Saniang Baka, Kabupaten Solok-Sumpur Kabupaten Tanah Datar. 

“Jalan tersebut sebagai alternatif, kalau dari arah Padang Panjang bisa melewati Sumpur. Kalau dari arah Solok bisa melewati Saniang Baka. Meski begitu pengendara tetap harap berhati-hati,”ujarnya. (Vns)

0 Komentar