Wawako Solok pimpin Tim KPKD Gelar Rakor Susun Rencana Kerja




Kota Solok (Indomen) - Pimpinan daerah kota Solok berharap agar anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), bisa bekerja sesuai yang diharapkan, sehingga angka kemiskinan dikota Solok dapat dikerucutkan.

Terkait dengan hal itu, dipimpin oleh wakil walikota Solok, Dr.Ramadhani Kirana Putra, TKPKD daerah setempat melaksanakan rapat koordinasi untuk menyusun perencanaan kerja, Kamis, 23 September 2021, diaula Bappeda kota Solok.

Dalam arahan yang disampaikannya, wakil walikota Solok menegaskan, agar perencanaan TKPKD dapat selaras dengan program program yang ada dipemerintahan, yakni bermuara kepada pengentasan kemiskinan.

Dalam melaksanakan tupoksinya, dibutuhkan adanya sinergitas antara anggota dan pihak terkait lainnya, sehingga keberadaan TKPKD dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat daerah setempat.

Sesuai Perpres nomor 15 tahun 2010, mengamanatkan pembentukan TKPKD ditingkat Provinsi, serta kabupaten dan kota, sementara itu secara nasional pemerintah pusat membentuk Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

TKPKD merupakan tim lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan, struktur kelembagaannya serta mekanisme kerja, diatur dalam Permendagri nomor 42 tahun 2010. Diantara tupoksinya yang ada, TKPKD bertugas melakukan koordinasi penanggulangan kemiskinan serta mengendalikan pelaksanaannya.

Keanggotaan TKPKD terdiri dari unsur pemerintahan, masyarakat, dunia usaha, dan pemangku kepentingan lainnya yang ada didaerah setempat, sementara itu, kepala daerah bertindak sebagai penanggung jawab.(Gia Wiranda)

0 Komentar