Pemko Payakumbuh Targetkan Realisasi Vaksinasi Hingga akhir Desember 2021 sampai 80 Persen




 Payakumbuh (Indomen) - Pemerintah Kota Payakumbuh terus menggenjot jangkauan Vaksinasi Covid -19. Hingga akhir Desember 2021, Pemerintah menargetkan pencapaian vaksinasi di Kota Randang sudah mencapai 80 persen. 

Pencapaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Payakumbuh hingga 4 Desember 2021 sudah mencapai 73,32 persen dosis pertama, dan 47,84 persen dosis kedua. Pemko akan terus bergerak untuk memvaksinasi warga, meski saat ini vaksinasi Payakumbuh sudah melebihi target awal, yakni 70 persen hingga akhir tahun. 

“Tentunya vaksinasi akan terus kita gencarkan dengan mengejar target 80 persen, artinya jangan diam saja dengan 70 persen ini,” kata Kepala Kesmas dan P3 Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Fatma Nelly, Selasa (12/12/2021). , di Payakumbuh . 

Dikatakan, vaksinasi di Payakumbuh terus digencarkan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, karena mengkhawatirkan mobilitas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu, varian Covid-19 delta plus dan omicron yang dikhawatirkan masuk ke Indonesia.

“Strategi bersama POLRI-TNI dan Pemko akan mengadakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) setiap Sabtu hingga akhir Desember.” Vaksinasi stasioner juga kami lakukan di Puskesmas dan tempat umum lainnya, serta door to door to door. rumah warga yang belum divaksin. Kami kirimkan tim yang terdiri dari 16 petugas vaksin dari Puskesmas, 2 dari RS, dan 3 dari Polres Payakumbuh,” ujarnya.

Fatma Nelly menjelaskan, saat ini Pemko Payakumbuh masih menerapkan kebijakan menjaga protokol kesehatan, termasuk aturan yang mengatur kegiatan keramaian. Aktivitas masyarakat diprediksi meningkat dalam merayakan Natal dan tahun baru dengan potensi peningkatan kasus.

“Mari kita sukseskan vaksinasi ini, dosis kedua sama pentingnya dengan dosis pertama, sama-sama menjadi tujuan utama kita membentengi diri dari bahaya paparan Covid-19,” ujarnya. 

Fatma mengimbau masyarakat untuk mempercepat vaksinasi, jangan tunda lagi karena bisa jadi varian baru delta plus sudah mengudara di Kota Payakumbuh. Pemko juga telah menyediakan aplikasi pendaftaran vaksinasi berbasis web di vaksinasi.payakumbuhkota.go.id.

“Mari kita capai herd immunity agar kita semua kuat melawan Covid-19, tetap jaga protokol kesehatan meski sudah divaksin, vaksinnya aman dan halal,” pungkasnya. (Lailatul Aidil)

0 Komentar