Camat Nina Darmayanti Cetuskan Gagasan Dukung Lubuk Sikaping Festifal 2022

 




Pasaman ( Indomen)Dalam rangka mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, yang sudah dituangkan dalam RPJMD 2021-2026, dan untuk mendukung 10 program prioritas Kabupaten Pasaman pada RPJMD, Camat Lubuk Sikaping Nina Darmayanti SSTP MP menggagas acara “Lubuk Sikaping Festival 2022”. Menurut rencana kegiatan ini akan dilaksanakan, di Nagari Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikapung.

Dalam paparannya Nina Darmayanti dalam rapat persiapan di Aula Kantor Camat Lubuk Sikaping Senin (11/4/2022), memaparkan, bahwa pelaksanaan Lubuk Sikaping festifal 2022 direncanakan Jumat-Selasa (6 s/d 10 Mei 2022, masih suasana lebaran.

Juga diungkapkan Nina Darmayanti, bahwa pelaksanaan Lubuk Sikaping Festival 2022 adalah  bentuk kegiatan mendukung 10 program prioritas RPJMD 2021-2026, diantaranya adalah Pasaman Tujuan Wisata, Pasaman Berbudaya, dan Pasaman Memajukan Ekonomi Kerakyatan, katanya.

Lanjut Nya, adapun bentuk acara yang akan digelar pada Festival tersebut adalah Penampilan kesenian tradisional, Kuliner khas Lubuk Sikaping, serta Produk Lokal karya UMKM yang ada di Nagari-nagari se-kecamatan Lubuk Sikaping dalam bentuk pameran.

Turut hadir pada acara tersebut Forkopimca kecamatan Lubuk Sikaping, Kepala Dinas Pariwisata pemuda Olahraga dan Kebudayaan  Kabupaten Pasaman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Naker Kabupaten Pasaman.

Juga hadir Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman, Kabag.Umum Setda Kabupaten Pasaman, Kabag Protokol Setda Kabupaten Pasaman,TP.PKK Kabupaten Pasaman,Wali Nagari se-Kecamatan Lubuk Sikaping, Bamus se-Kecamatan Lubuk Sikaping, Ketua KAN se-Kecamatan Lubuk Sikaping, dan Tokoh masyarakat.

 Pasaman ( Indomen- camat Lubuk Sikaping Nina Darmayanti  berharap dukungan dan kerja sama yang solit mensukseskan Lubuk Sikaping Festival 2022 ini, dan juga berharap Lubuksikaping Festival 2022 ini masuk dalam kalender wisata Kabupaten Pasaman, Kalender Wisata Provinsi Sumatera Barat, dan bahkan kalender kunjungan wisata Indonesia dan Mancanegara, tutur Nina Darmayanti.

Tokoh budaya Kebupaten Pasaman Edi Utama sebagai narasumber pada acara tersebut menjelaskan, bahwa Lubuk Sikaping Festival 2022 ini adalah langkah  maju untuk promosi pariwisata yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping.

Edi Utama mengungkapkan bahwa di Kabupaten Pasaman sangat banyak objek wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi di Kabupaten Pasaman, baik Wisata Equator, Wisata Sejarah, Wisata Alam, dan Wisata Kuliner, tinggal lagi bagaimana kita mengemas  objek wisata tersebut dan juga gencar untuk melakukan promosi, kata Edi Utama.

Edi Utama berharap kepada Lubuk Sikaping Festival 2022, yang juga sebagai ajang promosi, dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya untuk pameran hasil produk ekonomi kreatif masyarakat Lubuk Sikaping, katanya. Ia juga berharap nantinya akan ada transaksi penjualan produk ekonomi kreatif tersebut baik transaksi langsung maupun transaksi secara online, kata Edi Utama

0 Komentar