Pemko Bukittinggi Buka lowongan untuk ratusan Guru Mata Pelajaran Muatan lokal

 



Bukittinggi ( Indomen)- Meski rekrutmen atau pendaftaran Calon Guru Kontrak dibuka sejak 30 Mei kemarin. Namun, hingga Kamis (2/6) pukul 20.00 WIB, ternyata ada yang kekurangan bahannya sehingga banyak yang tidak bisa mendaftar, oleh karena itu, berdasarkan hasil rapat tim, pendaftaran diperpanjang sampai Senin 6 Juni 2022 pukul 16:00 WIB,” kata. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bukittinggi Melfi Abra di Bukittinggi, Senin (6/6)

Rekrutmen guru ini dilakukan pemko bukiiggi sehubungan dengan kondisi dimana  kota Bukittinggi, masih membutuhkan ratusan calon guru kontrak mata pelajaran Muatan Lokal terhadap Pendidikan Karakter Budaya Alam Minangkabau (PK-BAM) dan memperpanjang masa pendaftaran untuk Program Unggulan Pendidikan Bukittinggi (PUPB).

“ Kita butuhn 120 hingga 160 orang tenaga guru kontrak untuk mengajar di SD dan SMP negeri.,dan ini harus segera kia penuhi,Kata Melfi Abra. Dijelaskannya bahwa masing-masing satuan pendidikan dibutuhkan dua orang tenaga pendidik, satu orang untuk PUPB, dan satu orang untuk PK-BAM,” katanya.

“ Setiap pelamar harus memenuhi persyaratan dengan kualifikasi pendidikan yang ditentukan yakni lulusan strata satu (S1).Usia pelamar maksimal 35 tahun bagi pendaftar dari jalur ijazah, dan maksimal 40 tahun dari jalur khusus,tambahnya..

Selanjuna dijelaskan bahwa jalur khusus untuk Pendidikan Karakter Budaya Alam Minangkabau (PK-BAM) ini ditujukan bagi para pemangku adat atau seseorang yang ahli dengan adat dan budaya dibuktikan dengan sertifikat atau rekomendasi,” katanya.

Sementara untuk calon guru PK-BAM diutamakan berijazah lulusan S1 dari jurusan Pendidikan Guru Kelas SD atau Pendidikan Guru MI, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Seni Budaya, Bahasa dan Sastra Minangkabau, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

kemudian untuk formasi guru Program Unggulan Pendidikan Bukittinggi (PUPB) dengan kualifikasi pendidikan lulusan S1 Tarbiyah program studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab.S1 Syariah dengan Program Studi Hukum Islam, atau dari S1 Ushuluddin dengan Program studi Ilmu Hadits.

Melfi menjelaskan bahwa masa pendaftaran guru kontrak untuk Muatan Lokal itu diperpanjang sampai tanggal 6 Juni 2022 hingga pukul 16.00 WIB.Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi link dikbud.bukittinggikota.go.id/rekruitmen.(SFR)

0 Komentar