Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Pasar Batubasa nagari III Koto Aur Malintang Padang Pariaman

 

Kadis Dagnakerkop UKM kabupaten padang pariaman jon Kenedi di dampingi ketua Bakom Alimunar, dan pengurus pasar sedang menjawab pertanyaan ketua tim Yezi Arnovia, SE 

Padang Pariaman,( indomen)--Pasar Batubasa nagari III Koto Aur Malintang, kecamatan IV Koto Aur Malintang, kabupaten padang pariaman dikunjungi "Tim penilai" Pasar Rakyat dari provinsi Sumatera barat. Tim penilai mengunjungi pasar Nagari III Koto Aur Malintang rabu (8/6). 

Masyarakat kecamatan IV Koto Air malintang antusias menyambut kedatangan tim penilai pasar rakyat dari provinsi. Sebab dari jam 8.30 WIB atau pagi hari terlihat banyak pemuka masyarakat sudah datang kepasar, diantaranya: dari unsur ninik mamak Iskandar Rky Dt mudo SP MM, Is datuak Rajo marah, Iskandar dt jolong aso, Mansur dt tan batuah, Khatik Nagari, Imam Nagari, Bila, Marlius, S.Pd tokoh pendidikan. Sebab awalnya dapat khabar tim penilai sampai di Pasar Batu basa jam 9.00 WIB. Nyatanya tim penilai sampai di batu basa jam 13.45 WIB. meskipun hari hujan dan lama menunggu beliau tokoh masyarakat tersebut sabar menunggu. 

Ketua  Bakom  Ali Munar dan Sekretais Bakom Syafrudin sedang memberikan penjelasan kepada Eliana R, anggota Tim penilai dari Pemprov Sumbar.


Ketua Tim Penilai Yezi Arnovia, SE dalam sambutannya, menyampaikan sebenarnya yang akan sebagai ketua tim adalah kepala perdagangan provinsi. Tetapi karena ada agenda bersamaan dan tidak dapat diwakili oleh yang lain, maka di wakili kepada kami katanya. Sambil mengenalkan anggota tim yang mendampinginya:     Eliana R dari Lingkungan hidup provinsi, Reno dari dinas PU (PUPR), Taufik dari dinas perdagangan provinsi dan Jamal dari Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya  yezi bahwa tim akan melihat langsung bagaimana masalah kebersihan pasar, tata kelola, dan sarana lain yang diperlukan oleh pedagang dan masyarakat yang berbelanja di pasar, diantaranya: Toiletnya, mushala, ruang ibu menyusui, dan ruangan serta tenaga medis/petugas kesehatan, serta kerja sama dengan segala elemen sehingga masyarakat yang berbelanja merasa nyaman dan puas, imbuhnya. 

Kepala dinas Perdagangan Tenaga kerja Koperasi dan UKM kabupaten padang pariaman Jon Kenedi dalam sambutannya mengatakan bahwa pasar Batu basa terpilih setelah di lakukan pemantauan serta peninjauan dan penilaian dari kabupaten. Dan di tunjuknya Pasar Batu Basa ini sesuai SK Bupati padang pariaman. Masih menurut Jon Kenedi bahwa pasar Batu Basa ini sudah dua kali juara dua tingkat provinsi, jadi untuk tahun ini, mudah mudahan bisa juara satu tingkat Provinsi dengan nada penuh harap. 


Ketua bamus Yasmadi menyerahkan berkas dan dokumen pasar BatuBasa kepada ketua tim penilai lomba Pasar rakyat Yezi Arnovia


Camat IV Koto Aur malintang Drs Zuisman diwakili plh camat Ali Umar SP, yang juga sekcam, Drs Zuisman sedang melaksanakan Umroh ketanah suci. Dalam sambutannya mengatakan bahwa tanah pasar Batu basa yakni pasar Nagari III Koto Aur malintang ini adalah tanah ulayat Msnsur dt. Tan Batuah, suku Caniago yang telah dihibahkan kenagari semenjak tahun 2012.jadi pasar beserta tanah pasar ini murni milik dan di kelola Nagari  bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat. Dan menghapkan binaan dan kerja sama dari pemerintahan provinsi demi lebih majunya pasar kita ini. Juga dalam penilaian ini no 3


dan nomor 2 biar lah dikasihkan ke pasar daerah lain, pasar Batu basa nomor satu Jadih tu katanya, yang disambit tepuk tangan yang riuh daripara hadirin dan pedagang pasar. 

Sementara Yasmahadi ketua Bamus Nagari Batu basa mewakili Bakom dan pengurus pasar Batu basa, memaparkan bahwa Pasar tersebut adalah pasar Nagari. Dalam pengelolaan pasar sudah  ada Perna (Peraturan Nagari) nya. Jadi pengelolaan pasar Batu basa tersebut sesuai perna , ungkapnya

Tim penilai meninjau langsung kelapangan, melihat langsung aktifitas masyarakat yang sedang melakukan jual beli. Dalam melakukan takaran para pedagang menggunakan timbangan yang sudah di Tera atau sudah di kir oleh UPTD Metrologi disdagnakerkop UKM padang pariaman. 
Dalam peninjauan lapangan tim berpencar menjadi empat tim. masing-masing tim di dampingi pengurus Badan Komisi (BAKOM) dan pengurus padar. 

Eliana.R di dampingi pengurus Bakom dan tokoh masyarakat, saat meninjau aktifitas pasar dan lingkungan pasar, terkesan sangat puas dengan kebersihan pasar. Namun ia menyarankan agar pengurus Bakom dapat memanfaatkan tanah kosong dibelakang pasar  sebelah timur tepatnya tanah kosong sebelah timur samping jalan lingkar juga ditanami pohon dan di jadikan taman hijau,ujarnya.

 Menyangkut masalah sampah ia menganjurkan sampah sampah sayur dan buah buah yang busuk sebaiknya di olah dan di jadikan makanan ulat Margot. Ulat Margot ini hasilnya sangat lumayan. Untuk itu ia menyarankan agar Bakom dan pengurus pasar melakukan Budi daya  ulat Margot. Taufik terlihat waktu dilapangan mewawancarai pedagang dan pengurus pasar /Bakom.Dan Taufik fan juga jamal  juga didampingi beberapa pengurus Bskom dan masyarakat

Disela peninjauan ke lapangan saat bincang dengan indomen Tamar Putra Jaya Wali korong Kampung pinang hal senada dengan sekcam Ali Umar, ia sangat berharap dan mengatakan bahwa pasar BatuBasa dapat peringkat juara Satu katanya dengan nada penuh keyakinan (SFR)

0 Komentar