Wako Bukittinggi dan Bupati Agam ikut Bersepeda Santai Meriahkan Kamang Adventure ke-4

 

 


Bukittinggi ( Indomen)- Dalam rangka Peringatan Perang Kamang ke-114 serta ikut langsung memeriahkannnya,Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Bupati Agam, Andri Warman mengikuti Kamang Adventure 4 berupa sepeda santai menjelajahi daerah Tilatang Kamang, Agam, Minggu(12/6).

"Kegiatan yang diprakarsai oleh Kamang Adventure Bike Community merupakan bagian dari Peringatan Perang Kamang yang ke-114, ini bisa menjadi salah satu aksi penggerak wisata di Sumbar," kata Walikota Erman Safar ditemui sebelum gelaran sepeda santai.

 Sementara  ketua pelaksana Kamang Adventure, Zulkhiyar Datuak Pado Diaceh menyampaikan, Pagelaran Kamang Adventure yang diprakarsai oleh Kamang Adventure Bike Community ini sudah berlangsung sebanyak tiga kali.

"Kamang Adventure yang pertama digagas oleh mantan Kapolda Sumbar, Irjen Pol (Pur) Fakhrizal yang juga Putra Asli Kamang," jelasnya lagi.Ia menyebut Kamang Adventure diikuti 150 Tim dari berbagai daerah di dalam hingga luar Sumbar diantaranya dari daerah Merangin Jambi, Duri, Pekanbaru, Rengat, dan Muaro bungo.

Zulkhiyar mengatakan kegiatan ke-4 kali ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, rute yang di tempuh lebih panjang, dari sebelumnya 26 kilometer kini menjadi 28,8 kilometer.

Para peserta Kamang Adventure akan melewati, objek wisata Bukik Tabik, Tarusan Kamang, Ngalau Kalam di Desa Durian, Panorama Lengkok, Ngalau Tarang dan Tarusan Mumbuang.

"Peserta akan melalui rute tanjakan sepanjang 1,5 kilometer di Solok tarusan, area perbukitan, menyeberangi telaga tarusan, melewati persawahan, dan jalan setapak," katanya.

Peristiwa Perang Kamang merupakan perang bersenjata pada 15-16 Juni 1908 yang melibatkan rakyat Sumatera Barat melawan Pemerintah Lolonial Hindia Belanda akibat penerapan pajak langsung kepada masyarakat.

 Acara peringatan perang kamang 114 tahun 2022 diisi belasan kegiatan yang dilaksanakan dan acara puncak direncanakan dengan Upacara bendera pada Rabu (15/06) Juni mendatang.(SFR)

0 Komentar