Polusi Udara Meningkat, Hindari 5 Kebiasaan yang Buat Paru-paru Lemah

 T



akarta ( Indomen)- Tingkat polusi udara di sejumlah daerah di Indonesia saat ini tengah meningkat, di antaranya Jakarta dan Tangerang Selatan. Karena itu, kita harus melakukan berbagai upaya untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan kuat di tengah polusi udara yang memburuk.

Salah satunya dengan menghindari kebiasaan yang membuat paru-paru lemah.

Sangat penting menghindari sejumlah kebiasaan buruk yang bikin paru-paru lemah sebelum fungsi organ tersebut terganggu. Sebab, ketika saluran pernapasan terganggu sedikit saja, bisa berdampak besar pada seluruh kesehatan tubuh.

Untuk itu, penting mengetahui apa saja kebiasaan yang bisa membuat paru-paru lemah, Hal ini agar bisa dihindari sebelum terlambat. Berikut daftarnya:

1. Merokok
Bukan rahasia umum jika merokok berdampak pada sejumlah masalah kesehatan. Salah satu dampak paling nyata adalah paru-paru yang rusak.

Melansir berbagai sumber, saat Anda merokok, struktur paru-paru bisa berubah. Hal ini membuat paru-paru lebih sulit mengembang dan berkontraksi seperti biasa saat bernapas normal.

Faktanya, merokok juga bisa membuat paru-paru meradang dan menghasilkan banyak lendir. Hal ini bisa mengganggu kapasitas paru-paru dan pertukaran

2. Postur tubuh yang buruk
Kebiasaan membungkuk yang bisa mengubah struktur tubuh ternyata buruk untuk kesehatan paru-paru. Hal ini lantaran saat membungkuk, hanya ada sedikit ruang bagi paru-paru untuk mengembang.

Postur tubuh buruk yang bungkuk ini juga bisa membuat pernapasan menjadi dangkal. Akibatnya oksigen yang dihirup tidak bisa maksimal masuk ke paru-paru.

3. Tidak berolahraga

Memiliki gaya hidup yang tidak aktif dan tidak olahraga dapat merusak paru-paru. Olahraga adalah kunci kesehatan paru-paru. Sebab, melansir Oladoc, olahraga membantu meningkatkan fungsi paru-paru sehingga menghasilkan sirkulasi oksigen yang lebih baik ke seluruh tubuh.

Olahraga juga membantu menjaga paru-paru Anda dalam kondisi yang baik sehingga dapat menjalankan fungsinya secara normal tanpa hambatan. Selain itu, olahraga teratur juga melindungi paru-paru dari penyakit.

4. Perokok pasif
Meskipun Anda sendiri tidak merokok, kolega atau teman mungkin merokok. Berada di lingkungan perokok dapat membuat Anda terpapar asap rokok. Fenomena ini dikenal sebagai perokok pasif.

Perokok pasif sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru.

5. Merokok dengan rokok elektrik
Rokok elektrik atau vape tidak lebih baik dari rokok konvensional. Rokok jenis ini juga dapat membahayakan paru-paru Anda.

Vape juga membawa racun yang dapat merusak tubuh. Selain meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, mereka juga dapat menyebabkan cedera paru-paru. Vaping juga dapat memperburuk kasus asma jika Anda sudah memilikinya. Bahkan dapat menyebabkan asma jika Anda tidak memiliki kondisi tersebut.

Selain itu, vaping juga meningkatkan risiko kolaps paru-paru. Ini juga dikaitkan dengan pneumonia, batuk, dan peradangan di paru-paru.

Itulah 6 kebiasaan yang membuat paru-paru lemah yang perlu Anda hindari di tengah kondisi meningkatnya polusi udara. (C/IND)

0 Komentar