Baru 3 Bulan Dibangun Batu beronjong di Baringin lubuk gadang nagari III Koto Aurmalintang, Kec. IV Koto Aurmalintang Sudah Runtuh !!!

 




Padang Pariaman,( Indomen.)-- Baru 3 bulan pemasangan beronjong penahan jalan longsor  ternyata sudah runtuh dan kawat beronjong banyak yang putus putus.Akibat putusnya kawat kawat tersebut sehingga batu beronjong sebagian berserakan.Batu beronjong tersebut terletak di ruas jalan Baringin lubuk gadang nagari III Koto Aurmalintang, Kecamatan IV Koto Aurmalintang kabupaten Padang Pariaman, provinsi Sumatera barat

Kegiatan Pelaksanaan pemasangan batu beronjong tersebut di danai melalui dana ADD atau dana desa Tahun Anggaran 2022,sebesar RP 116.350.000 (seratus enam belas juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
Talut batu beronjong tersebut di kerjakan bulan mei 2022.





Berdasarkan investigasi media "Indomen" Kamis 29 September 2022, terlihat ada empat lapis batu beronjong, masing masing beronjong tinggi nya 50 cm, lebar 1 meter. Panjang masing masing beronjong tersebut 15 meter.
separuh dari batu beronjong tersebut, yakni  sekitar 5 meter mulai dari lapisan pertama atau bagian bawah hingga lapisan ke tiga pasangan batu beronjong kawat beronjongnya disana sini terbuka dan ada kawatnya patah.

Patahnya kawat beronjong tersebut di duga kawat beronjong yang digunakan tidak sesuai standard alias terlalu kecil. Juga kawat beronjong tersebut tidak di galikan atau tidak ada kopor atau pondasinya.

Salah seorang warga setempat E (35) yang di temui di lokasi Kamis (29/9) kepada wartawan mengatakan bahwa waktu pemasangan batu beronjong tidak ada di gali pondasinya, hanya diratakan lalu di Pasang batu beronjong. Jadi baru satu bulan sudah di pasang  waktu hari hujan tanah di bawah beronjong tersebut di kikis air , jelasnya 
 Sementara ketika disampaikan pada ketua Bamus Yasmahadi yang di dampingi bujang salah seorang anggota BAMUS mengatakan bahwa BAMUS tidak mengetahui  dana yang di gunakan untuk pemasangan beronjong tersebut, jelasnya.(SFR)

0 Komentar